Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Minum Teh Bisa Membantu Mengatasi Stres dan Depresi?

Kompas.com - 18/10/2023, 06:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum teh secara teratur dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Meski begitu, manfaat dari minum teh bukan hanya itu saja. Menurut beberapa penelitian, teh juga dapat meningkatkan kesehatan mental dalam beberapa cara, dikutip dari Healthmatch.

Para peneliti menemukan bahwa minum teh dapat untuk menurunkan kortisol, hormon stres yang dapat merusak suasana hati dan kognisi kita.

Selain itu, kandungan katekin yang ada dalam teh juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental. Katekin yang disebut epigallocationchin gallate (EGCG) dapat berkontribusi pada perasaan tenang dan meningkatkan perhatian dan memori.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Teh Tawar Setiap Hari bagi Kesehatan, Apa Saja?


Baca juga: Apakah Teh Bisa untuk Menurunkan Berat Badan?

Bagaimana teh dapat mengurangi stres dan depresi?

Konsumsi teh secara teratur dapat mengurangi gejala umum kecemasan yang menyebabkan stres dan depresi.

Mekanisme ini diperkirakan didorong oleh beberapa senyawa yang ada dalam teh, yang berfungsi melalui berbagai jalur biologis untuk mengurangi risiko gejala depresi.

Gejala umum kecemasan dan depresi meliputi tingkat suasana hati yang tidak normal, stres berlebih, penurunan fungsi kognitif, dan kualitas tidur yang buruk.

Dalam bentuk yang ringan, teh, terlebih teh herbal dapat membantu meningkatkan suasana hati dan melawan gejala fisik depresi. 

Baca juga: Waspada, Stroke Bisa Menyebabkan Depresi!

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh dapat membantu dalam pengobatan depresi.

Sebuah meta-analisis pada 2015, dari 11 penelitian dan 13 laporan menemukan korelasi antara konsumsi teh dan penurunan risiko depresi. Peneliti telah mengaitkan minum teh yang dapat membantu mengatasi gejala depresi ringan, dilansir dari Healthline.

Namun, meskipun terdapat bukti minum teh dapat memperbaiki suasana hati pada orang-orang yang sehat, namun manfaat ini masih perlu diuji kepada mereka yang menderita depresi klinis dan penyakit mental lainnya.

Hal ini lantaran, depresi adalah kondisi kesehatan mental yang serius. Jika depresi mengganggu kehidupan sehari-hari, segera untuk bicarakan dengan dokter Anda.

Baca juga: 7 Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bisa untuk Menurunkan Gula Darah

Jenis teh yang cocok untuk meredakan stres dan depresi

Teh chamomile hangat adalah salah satu minuman untuk mengobati panas dalam saat penyakit kambuh.iStockphoto/AntonioGuillem Teh chamomile hangat adalah salah satu minuman untuk mengobati panas dalam saat penyakit kambuh.
1. Teh chamomile

Chamomile memiliki aroma yang menenangkan. Selain itu, teh ini biasanya juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi kecemasan dan sulit tidur yang berhubungan dengan kecemasan.

Sebuah studi pada 2016 menunjukkan, teh chamomile yang diberikan kepada pasien dengan gangguan kecemasan umum (GAD) menunjukkan pengurangan gejala GAD sedang hingga berat.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga menunjukkan beberapa pengurangan kekambuhan kecemasan selama periode studi 5 tahun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com