Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kutipan Terkenal "The Iron Lady" Margaret Thatcher, Perdana Menteri Perempuan Pertama di Eropa

Kompas.com - 23/09/2023, 20:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Margaret Thatcher merupakan perdana menteri perempuan pertama Inggris sekaligus di Eropa.

Ia terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris pada 1979 dan terus melenggang selama tiga masa jabatannya hingga 1990.

Lahir pada 1925 di Grantham Inggris, Thatcher merupakan anak seorang pengusaha lokal. Dari ayahynya, ia diperkenalkan dengan politik konservatif, dikutip dari Biography.

Baca juga: 20 Kutipan Terkenal John Lennon, Pendiri Band Legendaris The Beatles

Lulusan Oxford Univerity ini pertama kali terjun politik pada 1950, saat mencalonkan diri sebagai kandidat untuk kursi parlemen Dartford.

Thatcher tahu sejak awal bahwa hampir mustahil untuk memenangkan posisi tersebut dari Partai Buruh yang liberal.

Namun, ia mendapatkan rasa hormat dari rekan-rekan partai politiknya dengan pidatonya.

Baca juga: 20 Kutipan Terkenal Nikola Tesla, Apa Saja?


Baca juga: 30 Kutipan Terkenal Muhammad Ali, Apa Saja?

Pemimpin Partai Konservatif

Ketika Partai Konservatif kembali menjabat pada Juni 1970, Thatcher diangkat menjadi Menteri Luar Negeri bidang Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.

Ia kemudian menjadi kekuatan dominan ketika Partai Konservatif kehilangan kekuasaan pada 1974. Thatcher pun terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif pada 1975.

Dengan kemenangan ini, Thatcher menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai pemimpin oposisi di House of Commons.

Baca juga: 15 Kutipan Terkenal Ibnu Sina, Bisa Dibagikan di Media Sosial

Saat itu, Inggris berada dalam masa kekacauan ekonomi dan politik, pemerintahannya hampir bangkrut, pengangguran meningkat dan konflik dengan serikat pekerja.

Ketidakstabilan ini membantu membawa Partai Konservatif berkuasa pada 1979.

Sebagai pemimpin partai, Thatcher membuat sejarah pada Mei 1979, ketika ia diangkat menjadi perdana menteri wanita pertama di Inggris.

Kutipan terkenal Margaret Thatcher

Presiden Ronald Reagan dan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher mengajak anjingnya bernama Lucky di halaman Gedung PutihThoughtco Presiden Ronald Reagan dan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher mengajak anjingnya bernama Lucky di halaman Gedung Putih

Berikut 15 kutipan terkenal Margaret Thatcher:

  1. I love argument. I love debate. I don't expect anyone just to sit there and agree with me (Aku suka berpendapat. Aku suka debat. Saya tidak mengharapkan siapa pun hanya duduk di sana dan setuju dengan saya)
  2. Being powerful is like being a lady. If you have to tell people you are, you aren't (Menjadi kuat itu seperti menjadi seorang wanita. Jika Anda harus memberi tahu orang-orang bahwa Anda adalah seorang wanita, maka Anda bukanlah seorang wanita)
  3. If you want something said, ask a man, if you want something done, ask a woman (Jika Anda ingin sesuatu dikatakan, tanyakan pada seorang pria, jika Anda ingin sesuatu dilakukan, tanyakan pada seorang wanita)
  4. I am extraordinarily patient, provided I get my own way in the end (Saya sangat sabar, asalkan pada akhirnya saya mendapatkan jalan saya sendi)
  5. I usually make up my mind about a man in ten seconds, and I very rarely change it (Saya biasanya mengambil keputusan tentang seorang pria dalam sepuluh detik, dan saya sangat jarang mengubahnya)
  6. I don't mind how much my ministers talk, as long as they do what I say (Saya tidak keberatan seberapa banyak menteri saya berbicara, selama mereka melakukan apa yang saya katakan)
  7. There is no such thing as society. There are individual men and women and there are families (Tidak ada yang namanya masyarakat. Ada individu pria dan wanita dan ada keluarga)
  8. It is not the creation of wealth that is wrong, but the love of money for its own sake (Bukan penciptaan kekayaan yang salah, tetapi cinta uang demi kepentingannya sendiri)
  9. Defeat? I do not recognise the meaning of the word (Kekalahan? Saya tidak mengenali arti kata itu)
  10. You may have to fight a battle more than once to win it (Anda mungkin harus bertempur lebih dari sekali untuk memenangkannya)
  11. Constitutions have to be written on hearts, not just paper (Konstitusi harus ditulis di dalam hati, bukan hanya di atas kertas)
  12. You don’t tell deliberate lies, but sometimes you have to be evasive (Anda tidak berbohong dengan sengaja, tapi terkadang Anda harus mengelak)
  13. To wear your heart on your sleeve isn't a very good plan, you should wear it inside, where it functions best (Mengenakan hati Anda di lengan baju bukanlah rencana yang bagus, Anda harus memakainya di dalam, di mana ia berfungsi dengan baik)
  14. Any woman who understands the problems of running a home will be nearer to understanding the problems of running a country (Wanita mana pun yang memahami masalah dalam menjalankan rumah tangga akan lebih dekat untuk memahami masalah dalam menjalankan sebuah negara)
  15. If you set out to be liked, you would be prepared to compromise on anything at any time, and you would achieve nothing (Jika Anda bertekad untuk disukai, Anda akan siap untuk berkompromi dengan apa pun kapan saja, dan Anda tidak akan mencapai apa pun)

Baca juga: 10 Kutipan Terkenal Ibnu Khaldun, Ilmuwan Ternama Islam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com