Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Menakjubkan di Bumi yang Terlihat seperti di Planet Lain, Mana Saja?

Kompas.com - 23/09/2023, 14:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bumi adalah planet yang penuh dengan bentang alam yang beragam dan unik. Tak jarang, karena keunikannya itu membuat beberapa tempat di Bumi terlihat seperti berada dunia lain.

Tempat-tempat tersebut mulai dari gurun pasir yang menakjubkan hingga pulau-pulau misterius.

Anda tidak memerlukan pesawat luar angkasa dan jutaan dollar untuk mendapatkan pengalaman seperti berada di dunia lain. Cukup dengan paspor dan tiket pesawat.

Lantas, di mana saja tempat-tempat yang menakjubkan yang ada di Bumi yang bisa dikunjungi itu?

Baca juga: Berapa Jumlah Manusia yang Pernah Tinggal di Bumi?


Tempat di Bumi yang tampak seperti di planet lain

Morning Glory Pool hot spring, Upper Geyser Basin, Yellowstone National Park, northwestern Wyoming, U.S.Britannica Morning Glory Pool hot spring, Upper Geyser Basin, Yellowstone National Park, northwestern Wyoming, U.S.
Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa tempat di Bumi yang memiliki keunikan dan akan membuat pengunjung serasa berada di planet asing:

1. Fly Geyser di Nevada

Fly Geyser adalah sumber air panas terbesar di Yellowstone, AS yang memiliki diameter 200-330 kaki (60-90 meter) dan kedalamannya lebih dari 121 kaki (36 meter), menurut National Park Service.

Dilansir dari Space, tempat ini unik dan menarik karena memiliki geyser berwarna-warni.

Selain itu, geyser itu juga memuntahkan air panas dan menciptakan kolam dangkal yang menjadi rumah bagi ganggang termofilik kuat yang tumbuh subur di lingkungan lembab dan panas.

Geyser ini tercipta secara tidak sengaja pada 1964 ketika sebuah perusahaan energi panas bumi mengebor lokasi tersebut dalam upaya untuk memanfaatkan air panas di bawahnya.

Namun, airnya tidak cukup panas untuk digunakan oleh perusahaan energi, sehingga lokasi tersebut ditutup.

Meski begitu, sumur tersebut tidak ditutup dengan benar dan air panas yang mendidih menembus permukaan, menciptakan geyser tiga gundukan aneh yang bisa dilihat hingga sekarang.

2. Gunung pelangi atau rainbow mountain di Peru

Gunung pelangi atau yang juga dikenal sebagai Vinicunca, atau Gunung Tujuh Warna ditemukan pada 2015 setelah salju yang biasanya menutupi gunung ini mencair.

Gunung pelangi terletak di Pegunungan Andes Peru, sekitar 17.000 kaki (5.200 m) di atas permukaan laut, menurut situs pariwisata Rainbow Mountain.

Gunung bergaris ini terkenal karena penampakan teknisnya yang berwarna-warni. Kondisi ini ercipta dari sedimen mineral yang berbeda dan pelapukan gunung dari waktu ke waktu.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kerangka Manusia Diduga Korban Gempa Bumi Turkiye 2.700 Tahun Lalu

3. Depresi Danakil di Ethiopia

Depresi Danakil di Ethiopia menjadi salah satu tempat yang paling asing di Bumi dan dikenal sebagai "pintu gerbang menuju neraka".

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com