Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Kutipan Terkenal John Lennon, Pendiri Band Legendaris The Beatles

Kompas.com - 21/09/2023, 08:15 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - John Lennon merupakan pendiri band legendaris asal Inggris, The Beatles dan meraih kesuksesan besar dalam sejarah musik.

Lahir pada 1940 di Liverpool, Inggris, kecintaan Lennon pada musik tak lepas dari peran sang ibu yang mengajarinya piano dan membelikannya gitar.

Tak heran, Lennon sangat terpukul ketika ibunya meninggal dunia setelah ditabrak petugas polisi pada 1958, dikutip dari Biography.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John Lennon Ditembak Mati oleh Penggemarnya

Ledakan Elvis Presley ke kancah musik rock menginspirasi Lennon yang berusia 16 tahun untuk mendirikan band bernama Quarry Men, sesuai nama sekolahnya.

Pada 1957, ia bertemu dengan Paul McCartney di sebuah pesta gereja dan mengajaknya bergabung dengan grup. Pertemuan ini menjadi cikal bakal berdirinya band legendaris dunia.

McCartney memperkenalkan George Harrison kepada Lennon pada tahun berikutnya. Teman kampus Harrison, Stuart Sutcliffe juga bergabung dengan grup band Lennon. Mereka juga merekrut Pete Best sebagai drummer pada 1960.

Baca juga: Mengenang Kurt Cobain, Ikon Musik Rock Modern


Baca juga: Mengenang Profesor Drum Neil Peart...

Band paling populer di Inggris

Rekaman pertama yang mereka buat adalah "That'll Be the Day" milik Buddy Holly pada 1958.

Grup Holly, The Crickets, menjadi pihak yang menginspirasi band Lennon untuk mengganti namanya.

The Beatles pun resmi berdiri pada 1961. Mereka juga memperkenalkan Ringo Starr sebagai drummer baru dan George Martin sebagai produser.

Grup ini merilis single pertama mereka berjudul Love Me Do pada Oktober 1962.

Lagu Please Please Me yang diciptakan Lennon mendapat tanggapan besar hingga memuncaki tangga lagu Inggris.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John Lennon Tewas di Tangan Penggemarnya

The Beatles kemudian menjadi band paling populer di Inggris dengan merilis mega-hit, seperti She Loves You dan I Want To Hold Your Hand.

Tidak lama setelah The Beatles bubar pada 1970, Lennon merilis album solo debutnya, John Lennon/Plastic Ono Band dengan lagu Imagine. Lagu ini menjadi lagu terbaik sepanjang masa ketiga versi majalah Rolling Stone.

Pada 1980, Lennon ditembak oleh seorang penggemarnya di depan kompleks apartemennya di New York City. Ia meninggal pada 8 Desember di usia 40 tahun.

Baca juga: Raffi Ahmad, Elvis Presley, dan Kampanye Vaksinasi...

Kutipan terkenal John Lennon

Berikut 20 kutipan terkenal John Lennon:

  1. Reality leaves a lot to the imagination (Realitas meninggalkan banyak imajinasi)
  2. Count your age by friends, not years. Count your life by smiles, not tears (Hitunglah usia Anda berdasarkan teman, bukan tahun. Hitunglah hidup Anda dengan senyuman, bukan air mata)
  3. All we are saying is give peace a chance (Yang kami katakan adalah berikan kesempatan pada perdamaian)
  4. A dream you dream alone is only a dream. A dream you dream together is reality (Mimpi yang Anda impikan sendiri hanyalah mimpi. Mimpi yang Anda impikan bersama adalah kenyataan)
  5. As usual, there is a great woman behind every idiot (Seperti biasa, ada wanita hebat di balik setiap orang bodoh)
  6. Love is the flower you’ve got to let grow (Cinta adalah bunga yang harus Anda biarkan tumbuh)
  7. Life is what happens while you are busy making other plans (Hidup adalah apa yang terjadi saat Anda sibuk membuat rencana lain)
  8. Time you enjoy wasting, was not wasted (Waktu yang Anda nikmati terbuang percuma, tidak sia-sia)
  9. Love is a flower, you’ve got to let it grow (Cinta adalah bunga, Anda harus membiarkannya tumbuh)
  10. I am a violent man who has learned not to be violent and regrets his violence (Saya adalah orang yang kejam yang telah belajar untuk tidak melakukan kekerasan dan menyesali kekerasannya)
  11. When we are in love, we open to all that life has to offer with passion, excitement, and acceptance (Saat kita jatuh cinta, kita terbuka pada semua yang ditawarkan kehidupan dengan penuh semangat, kegembiraan, dan penerimaan)
  12. We need to learn to love ourselves first, in all our glory and our imperfections (Kita perlu belajar untuk mencintai diri kita sendiri terlebih dahulu, dengan segala kemuliaan dan ketidaksempurnaan kita)
  13. We live in a world where we have to hide to make love, while violence is practiced in broad daylight (Kita hidup di dunia di mana kita harus bersembunyi untuk bercinta, sementara kekerasan dipraktikkan di siang bolong)
  14. You don't have to be a star to get a cheese sandwich. You just have to be first (Anda tidak perlu menjadi bintang untuk mendapatkan roti lapis keju. Anda hanya harus menjadi yang pertama)
  15. I'm not going to change the way I look or the way I feel to conform to anything (Saya tidak akan mengubah penampilan atau perasaan saya untuk menyesuaikan diri dengan apa pun)
  16. You don't need anybody to tell you who you are or what you are. You are what you are! (Anda tidak perlu orang lain untuk mengatakan siapa diri Anda atau apa diri Anda. Anda adalah diri Anda sendiri!)
  17. The only one who controls me is me, and that’s just barely possible (Satu-satunya yang mengendalikan saya adalah saya sendiri, dan itu hampir tidak mungkin)
  18. If I can’t have a fight with my best friend, I don’t know who I can have a fight with (Jika saya tidak bisa bertengkar dengan sahabat saya, saya tidak tahu dengan siapa saya bisa bertengkar)
  19. The thing the sixties did was to show us the possibilities and the responsibility that we all had (Hal yang dilakukan tahun enam puluhan adalah menunjukkan kepada kita kemungkinan dan tanggung jawab yang kita semua miliki)
  20. I believe in everything until it’s disproved (Saya percaya pada segala sesuatu sampai dibantah)

Baca juga: 30 Kutipan Terkenal Muhammad Ali, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com