Mengenang Kurt Cobain, Ikon Musik Rock Modern

Kompas.com - 05/04/2020, 18:31 WIB
Mendiang Kurt Cobain today.comMendiang Kurt Cobain

KOMPAS.com - Hari ini 26 tahun yang lalu, ikon musik rock modern Kurt Cobain meninggal dunia akibat bunuh diri pada 5 April 1994.

Jasad Cobain ditemukan dalam rumahnya di Seattle, Washington, tiga hari kemudian oleh Gary Smith, seorang tukang listrik di wilayah itu.

Cobain merupakan vokalis dari Nirvana, band rock yang dibentuk pada 1987.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gitaris Legendaris Jimi Hendrix Meninggal Dunia

Dilansir dari Biography, album pertamanya yang dirilis pada 1989 dengan judul Bleach gagal memberi kesan besar.

Kendati demikian, album itu membuktikan ketrampilan Cobain dalam menulis lagu dan menjadi ciri khas band itu, yaitu heavy metal dan punk.

Pada 1991, Nirvana menandatangani kontrak dengan label besar Geffen Records dan merilis album kedua mereka Nevermind yang selanjutnya, memberi mereka label "grunge".

Salah satu lagu dari album itu "Smells Like Teen Spirit" menjadi hit terbesar Nirvana dan mendorong album mereka memuncaki tangga musik pada masanya.

Baca juga: Mengenang Profesor Drum Neil Peart...

Penulis musik berbakat

Grup rock Nirvana dan Kurt Cobain (kanan) Grup rock Nirvana dan Kurt Cobain (kanan)

Cobain juga dikenal sebagai penulis musik berbakat di zamannya.

Sebagai seseorang yang membangun karya seninya di atas sentimen anti kemapanan, Cobain mulai merasa bahwa ia kehilangan kendali atas masa depannya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X