PLN Gandeng Aparat Pemerintah agar Warga di Daerah Terpencil Dapat Token Listrik Gratis

Kompas.com - 05/04/2020, 14:29 WIB
Ilustrasi cara membedakan pelanggan subsidi listrik dengan non-subsidi listrik. PLNIlustrasi cara membedakan pelanggan subsidi listrik dengan non-subsidi listrik.

KOMPAS.com - Pemerintah memberikan keringanan bagi sejumlah pelanggan listrik PLN dalam rangka menekan dampak wabah virus corona bagi golongan masyarakat tertentu.

Rinciannya, sebanyak 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA yang mendapatkan listrik gratis. 

Sementara, terdapat 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon pembayaran tarif listrik sebesar 50 persen untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.

Untuk itu, PLN akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

Baca juga: Warga Bantul Positif Virus Corona Meninggal Dunia

Hal itu dilakukan khususnya bagi pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar. 

“Kami telah berkomunikasi dengan pemerintah agar bisa bekerja sama memberdayakan aparatur di tingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan, khususnya untuk menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil,” jelas Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka.

PLN menyadari bahwa tidak seluruh masyarakat dapat mengakses website ataupun WhatsApp untuk mendapatkan bantuan token listrik gratis dari Pemerintah.

Hingga Minggu (5/4) pukul 09.00 WIB, PLN sudah berhasil menyediakan listrik gratis atau diskon listrik untuk 10 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar. 

Sementara, token bagi 1 juta pelanggan lainnya akan diperbaharui secara bertahap paling lambat hingga tanggal 11 April 2020.

Baca juga: Banyak Minum Air Putih Tak Terbukti Bisa Hilangkan Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X