Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Unissula soal Surat Diterima padahal Tidak Daftar: Syarat Harus Lampirkan Rapor atau Ijazah

Kompas.com - 15/07/2023, 08:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah merespons unggahan surat penerimaan mahasiswa baru (PMB) tanpa tes yang dikirim melalui WhatsApp.

Melalui konferensi pers pada Jumat (14/7/2023), Wakil Rektor II Unissula Dedi Rusdi membenarkan surat tersebut dikirimkan oleh panitia PMB Unissula.

"Pertama bahwa surat tersebut memang benar dikirim oleh panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unissula," ujarnya dalam konferensi pers.

Kendati demikian, panitia PMB Unissula telah membuat ralat surat tersebut melalui surat bernomor 309/A1/Pan-PMB/VII/2023 tertanggal 13 Juli 2023.

Dalam surat ralat itu disebutkan, calon mahasiswa baru dinyatakan lulus tanpa tes dengan syarat melanjutkan mendaftar di ujian jalur mandiri Unissula.

"Calon mahasiswa juga diharuskan melampirkan scan rapor Semester VI kelas 12 atau ijazah SMA/SMK/MAN," terang Dedi.

"Selanjutnya, data tersebut akan dianalisis oleh tim seleksi tim PMB Unissula," lanjutnya.

Jika memenuhi standar penerimaan mahasiswa baru, barulah pendaftar akan mendapat surat keterangan diterima sebagai mahasiswa baru Unissula.

Menurut Dedi, pendaftaran dan registrasi ulang dibuka hingga 24 Juli 2023.

Baca juga: Beredar Surat Diterima Tanpa Tes di Unissula padahal Tidak Pernah Mendaftar, Ini Kata Kampus


Unissula berkomitmen berikan pendidikan terbaik

Dedi menegaskan, Unissula terus berkomitmen memberikan layanan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa agar dapat tumbuh berkembang menjadi generasi terbaik bangsa.

"Menjadi pemimpin bangsa yang rahmatan lilalamin. Menjadi para penerus bangsa yang kompeten dan berbakti kepada kedua orangtuanya (birrul walidain)," kata dia.

Dia turut mengajak para calon mahasiswa baru dari seluruh Indonesia untuk memantapkan hati mendaftar dan menempuh pendidikan di Unissula.

Sebab, sebagian besar program studi di Unissula telah mendapatkan akreditasi unggul, sehingga kualitasnya telah teruji dan diakui.

"Unissula memiliki reputasi yang sangat baik di level nasional karena institusi Unissula telah terakreditasi unggul dari BAN PT," ungkapnya.

"Selain terakreditasi nasional juga terakreditasi internasional dari ASIC yang berbasis di Inggris dan terakreditasi dari Abest21 yang berbasis di Jepang," tambah Dedi.

Baca juga: Sistem SNBT Berupa Ikut Tes, Terima Skor, Baru Daftar PTN Disebut Minim Gagal, SNPMB Buka Suara

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com