Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Sapi-sapi Kurban Mengamuk dan Kabur...

Kompas.com - 30/06/2023, 15:45 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umat Islam di Indonesia merayakan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6/2023) dan Kamis (29/6/2023).

Pada hari raya ini, warga di berbagai wilayah Indonesia mengurbankan hewan ternak, salah satunya sapi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, cerita sapi-sapi kurban yang mengamuk dan kabur saat akan disembelih pun mewarnai Idul Adha tahun ini.

Baca juga: 7 Jenis Sapi dan Kambing Kurban di Indonesia


Cerita sapi kurban mengamuk dan kabur saat Idul Adha 2023

Berikut sejumlah kejadian sapi kurban yang mengamuk dan kabur saat akan disembelih di sejumlah daerah:

Masuk penampungan air

Proses evakuasi sapi masuk bozem di SurabayaDokumen: BPBD Surabaya Proses evakuasi sapi masuk bozem di Surabaya
Diberitakan Kompas.com, Rabu (28/6/2023), seekor sapi mengamuk dan kabur hingga akhirnya terperosok ke tempat penampungan air di Jalan Tambak Asri 1, Kecamatan Krembangan, Surabaya pada Rabu (28/6/2023).

Wachid Sulaiman (54) sang pemilik sapi mengatakan, hewan kurban tersebut mengamuk saat  setelah tiba dari Lamongan pukul 09.30 WIB.

"Kita ikat (sapinya) ternyata talinya kecil. Kita pulang beberapa langkah sudah keluar dari pagar, dia berontak dan langsung masuk ke bozem (penampungan air)," kata Wachid

Ketua RT setempat kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Command Center 112. Butuh bantuan enam anggota pemadam kebakaran untuk mengevakuasi sapi tersebut.

Kabur ke jalan raya

Seorang warga mengejar sapi kurban yang lepas dan kabur ke Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (28/6/2023).Dok. Widiarso Seorang warga mengejar sapi kurban yang lepas dan kabur ke Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (28/6/2023).
Tujuh ekor sapi untuk kurban kabur ke jalan raya di Jalan Imam Munandar, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (28/6/2023) malam.

Warga setempat Widiarso (39) menyebut, sapi kurban itu kabur dari Masjid Rahmatullah di Jalan Kelapa Sawit, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukitraya, Pekanbaru.

"Ada tujuh ekor sapi baru datang dari Sumatra Barat jam 19.00 WIB tadi. Dibawa ke Masjid Rahmatullah untuk kurban besok. Pada saat sapi diturunkan dari mobil, sapinya lepas," kata Widiarso kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu kemarin.

Panitia kurban dan warga kemudian berupaya mengejar dan menangkap sapi yang lepas.

Baca juga: Sapi Kurban Terlihat Menangis Saat Hendak Disembelih, Pakar Ungkap Penyebabnya

Hanyut ke laut

Lima ekor sapi yang akan disembelih, salah satunya kabur ke laut Selat Bali (Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan) Lima ekor sapi yang akan disembelih, salah satunya kabur ke laut Selat Bali
Sapi kurban di area pabrik PT Samudera Seafood Product (SSP) Banyuwangi, Jawa Timur kabur dan hanyut ke laut sebelum disembelih pada Kamis (29/6/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Jadi waktu mau disembelih, sapi itu seperti kesetanan. Lalu loncat dari belakang pabrik dan masuk ke pabrik semen Bosowa," kata karyawan PT. SSP Banyuwangi Rizki Wanto, dikutip dari Kompas.com, Kamis (29/6/2023).

Warga setempat berusaha mengejar sapi ke dalam pabrik. Namun, sapi itu malah kabur ke pantai, berenang ke tengah laut, kemudian hanyut.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com