Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Makan di Kereta Cepat, Tanpa Tumpah dan Goyang!

Kompas.com - 22/06/2023, 15:30 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Admin akun Instagram Kereta Cepat Jakarta Bandung, @keretacepat_id membagikan momen saat menyantap makanan di dalam kereta dengan kecepatan 300 kilometer per jam (kpj).

Momen tersebut terekam dalam video yang diunggah pada Selasa (20/6/2023).

"Sensasi makan di kecepatan 300 kpj. Meski dengan kecepatan 300 kpj, makanan Mimin nggak tumpah sama sekali," demikian keterangan yang dituliskan @keretacepat_id.

Lebih lanjut, dituliskan, penumpang bisa menikmati makanan dengan nyaman selama perjalanan dan tidak perlu khawatir makanan akan tumpah mengingat kondisi kereta yang stabil.

Hingga Kamis (22/6/2023) siang, unggahan video tersebut telah disukai lebih dari 7.000 kali dan dikomentari lebih dari 270 kali oleh pengguna Instagram.

Baca juga: Koin Berdiri Tak Goyang Saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung Melaju 180 Km/Jam, KCIC Ungkap Penyebabnya

Baca juga: Kapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi?

Penjelasan KCIC

Kereta cepat melaju dengan kecepatan 300 kpj.doc. KCIC Kereta cepat melaju dengan kecepatan 300 kpj.

Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa membenarkan bahwa video tersebut direkam di dalam kereta cepat.

Eva menjelaskan, momen itu terjadi saat kereta melaju dengan kecepatan 300 kpj.

"Jadi betul video tersebut diambil pada Jumat, 16 Juni 2023. Saat dilakukan uji coba untuk kecepatan 300 kpj," terang Eva, kepada Kompas.com, Kamis siang.

Menurutnya, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) terus meningkatkan laju uji cobanya, di mana saat ini kecepatannya sudah mencapai 300 kpj.

Baca juga: Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma 46 Menit, Berapa Kecepatannya?

Pengujian dilakukan menggunakan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi.

"Tercapainya puncak kecepatan tersebut dikarenakan adanya penyempurnaan prasarana seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring dan evaluasi yang terus dilakukan secara rutin," katanya.

Eva mengatakan, pengujian kereta inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 kpj dengan sangat stabil. Secara bertahap, puncak kecepatan tersebut akan terus ditambah.

Laju KCJB akan ditingkatkan untuk mencapai puncak kecepatan operasionalnya, yakni 350 kpj hingga puncak kecepatan teknisnya 385 kpj.

"Sebagai moda transportasi publik, KCJB dipastikan akan menerapkan standar keselamatan yang tinggi untuk memberikan rasa aman kepada seluruh penumpangnya," tutur Eva.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Harga Tiket, Rute, Kecepatan, dan Kapan Beroperasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com