Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Artis Korea yang Sukses di Agensi Baru

Kompas.com - 03/05/2023, 21:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Korea Selatan memiliki berbagai artis yang kini sudah dikenal hingga mancanegara. Pesatnya perkembangan industri hiburan di Negeri Ginseng tersebut tentunya membawa angin segar bagi mereka yang bergelut di bidang tersebut.

Akan tetapi, akan ada proses yang berliku untuk mencapai kesuksesan. Hal ini karena aktris-aktor hingga grup idola yang sudah debut pun tak menjamin kelanggengan karier mereka. Ada banyak anggota dalam grup tersebut yang memutuskan keluar dengan berbagai alasan.

Salah satunya yang beberapa waktu lalu hangat dibicarakan adalah Jinni eks NMIXX. Kabar perempuan yang identik dengan rambut pinknya di era O.O pun membuat penggemarnya, NSWER, terkejut. Pasalnya, kabar hengkangnya Jinni terkesan sangat mendadak.

Namun, kini Jinni telah bergabung dengan agensi baru, yaitu United Artist Production (UAP). Informasi ini pun dijelaskan dalam Kamjagiya Korea! episode “Rencana Debut Solo Jinni Eks NMIXX Bareng Agensi Baru” dengan tautan akses dik.si/KamKorJinni.

Meski begitu, keluar dari grup hingga pindah agensi bukan berarti karier mereka berhenti sampai situ. Buktinya, ada beberapa artis Korea yang berhasil membangun kariernya lagi setelah bergabung dengan agensi baru. Siapa sajakah mereka?

1. Jay Park

Jay Park (Park Jae Bum) adalah mantan anggota 2PM yang bernaung di agensi JYP Entertainment. Di awal-awal debut-nya, Jay Park, ketua grup tersebut, diterpa skandal pelecehan industri musik K-Pop dengan kata-kata tak seronok lewat akun media sosialnya.

Baca juga: Nugu Group: Grup K-Pop yang Kurang Dikenal Masyarakat

Oleh karena itu, ia pun keluar dari 2PM pada 2009 silam agar meredam kemarahan penggemarnya. Setelah hengkangnya Jay Park, anggota 2PM yang tersisa memutuskan untuk tidak memilih seorang leader.

Namun, setelah hiatusnya dalam industri hiburan, ia pun kembali bersinar. Awalnya, ia hanya memunculkan dirinya dengan meng-cover lagu orang lain di kanal YouTube jayparkaom. Kini, ia telah sukses membangun label rekaman K-HipHop, yaitu AOMG & H1GHR MUSIC.

2. Somi

Somi (Jeon So Mi) adalah mantan trainee JYP Entertainment yang sebelumnya sudah banyak dikenal oleh penggemarnya. Perempuan kelahiran 2001 telah mengikuti dua ajang survival, yaitu SIXTEEN (cikal bakal TWICE) dan Produce 101 (cikal bakal I.O.I).

Gagal masuk line up debut di SIXTEEN, Somi tak patah semangat. Ia kemudian mengikuti Produce 101 dan berhasil debut bersama I.O.I dengan posisi center. Setelah masa kontrak grup ini habis, Somi ternyata pindah ke agensi THEBLACKLABEL, subagensi milik YG Entertainment.

Saat masih berada di JYP Entertainment, Somi digadang-gadang akan menjadi anggota grup ITZY. Namun, ia pun tak menyesal dengan keputusannya keluar dari JYP. Kini, ia berhasil menjadi solois sukses dengan lagu-lagu hits, seperti “Dumb Dumb” dan “Birthday”.

3. HyunA

HyunA adalah solois yang memiliki rekam jejak menjanjikan di industri K-Pop. Pasalnya, ia adalah mantan personel Wonder Girls dan 4MINUTE. Setelah debut dengan Wonder Girls pada 2007, HyunA pun pindah agensi dan bergabung dengan 4MINUTE pada 2009.

Tak hanya sukses di grup, ia juga debut solo dan merilis mini album pertamanya bertajuk “Bubble Pop!” pada 2011. Lagunya pun dikenal di kalangan penggemar K-Pop. HyunA bahkan berhasil menjadi penyanyi solo perempuan K-pop pertama yang mendapatkan 100 juta penonton di YouTube.

Baca juga: Bertabur Bintang Tale of The Nine Tailed 1938

Saat masih berada di CUBE, HyunA telah merilis enam mini album dan telah berkolaborasi dengan beberapa artis, seperti Hyun Seung BEAST (Trouble Maker) dan Hui serta E’Dawn Pentagon (Triple H). Sayangnya, setelah comeback “Crazy”, 4MINUTE harus bubar pada 2016.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com