Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenapa Artis Korea Sulit Berkencan di Publik?

Kompas.com - 11/04/2023, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Industri hiburan Korea Selatan memiliki aturan yang cukup rumit. Ada banyak pembatas yang tak boleh dilakukan orang-orang di dalamnya karena ketatnya aturan tak tertulis dan tertulis.

Apabila melanggar, banyak dari figur publik yang bisa kehilangan kariernya dalam sekejap karena maraknya cancel culture di sana. Tak hanya perbuatan yang merugikan orang lain, perbuatan yang bersifat pribadi pun banyak menjadi sorotan, seperti berkencan.

Meski begitu, hal ini tak dialami oleh Lee Do Hyun dan Lim Ji Yeon yang beberapa waktu lalu baru saja dikonfirmasi berkencan. Informasi lengkap seputar berita kencan dua pemeran The Glory ini disampaikan dalam Kamjagiya Korea! episode “Confirmed! Lee Do Hyun & Lim Ji Yeon Berpacaran” dengan tautan akses dik.si/KamKorDating.

Sayangnya, tak semua artis atau idola yang dikonfirmasi berkencan mendapat dukungan yang sama. Ada beberapa dari mereka yang justru dibenci oleh masyarakat hingga penggemarnya sendiri. Lantas, mengapa para pelaku industri hiburan di Korea sangat sulit berkencan secara publik?

Berkencan Dianggap sebagai Skandal Besar

Di Korea Selatan, berkencan secara publik dianggap sebagai skandal besar. Hal ini terjadi karena mereka menilai para aktor atau grup idola yang berkencan tak menjalani pekerjaannya dengan sungguh-sungguh.

Baca juga: 3 Alasan Tingkat Kebahagiaan Remaja Korsel Rendah

Selain itu, saat terungkap pun, mereka biasanya telah menjalani hubungan yang tertutup selama beberapa bulan sehingga membuat penggemar dan pendukungnya merasa kecewa. Terlebih, jika mereka berkencan dengan orang yang dianggap problematik atau dibenci.

Itu sebabnya, saat rumor kencan muncul ke permukaan, banyak orang yang heboh dan menanti-nanti berita ini. Bahkan, kerap menjadi sorotan utama. Misalnya, Dispatch yang kerap mengunggah pasangan baru setiap 1 Januari atau 1 April.

Hal ini yang akhirnya menyebabkan agensi memberlakukan aturan bagi para trainee dan grup-grup yang baru saja memulai debut-nya. Salah satunya diungkapkan oleh dua anggota Oh My Girl, Seung Hee dan Mimi, dalam acara Knowing Brothers.

Saat baru saja debut, mereka memiliki beberapa aturan yang dimiliki WM Entertainment

  1. Saat ada anggota boy group lewat, mereka harus berdiri menghadap ke tembok agar tak terjadi kontak mata.
  2. Jika ingin pergi ke toilet, mereka harus bergandengan tangan dengan anggota satu grup.

Dalam acara tersebut, Mimi sampai mengungkapkan, “Kita bahkan malu sekali saat melakukannya.”

Baru-baru ini pun grup yang akan memulai debut-nya di bawah YG Entertainment, Baby Monster, juga diberi peringatan serupa. Dalam video Baby Monster Last Evaluation Ep 5, pelatih tari YG, Lee Jung mengungkapkan nyanyian Rora sangat bagus hingga ia merasakan bahwa gadis itu baru saja putus cinta.

Setelah berkomentar seperti itu, Yang Hyun Suk, Pendiri YG Entertainment, langsung menimpali, “Sekarang masih belum boleh punya pacar, ya.”

Melihat dari peraturan tersebut, agensi membuatnya agar para grup asuhannya tak terdampak skandal yang bisa membawa citra buruk pada dirinya dan perusahaan.

Penggemar yang Kurang Suportif

Keekhawatiran ini juga bukan tanpa dasar. Pasalnya, penggemar yang toksik menjadi pemicu utamanya. Aktor atau idola yang enggan mengungkapkan dirinya sedang berkencan biasanya karena takut penggemarnya kecewa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com