Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Batik Air soal Mesin Pesawat Berasap Bikin Panik Penumpang

Kompas.com - 01/05/2023, 10:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan penumpang dan pramugari berdebat soal mesin pesawat yang disebut mengeluarkan asap sebelum terbang, beredar di media sosial. 

Dalam video yang diunggah akun Twitter ini terdengar suara mesin pesawat dan penumpang yang menyebut mesin pesawat berasap sehingga merasa takut terbang.

Awak kabin sempat memberikan penjelasan bahwa kondisi tersebut merupakan hal yang normal saat pesawat dalam peresiapan untuk terbang. 

"Jadi semuanya harap ibu telepon genggamnya dimatikan. Jangan ada yang memviral-viralkan karena kita mau berangkat," kata salah satu awak kabin.

Disebutkan, peristiwa itu terjadi pada pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6842 rute Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menuju Bandara Kualanamu, Deli Serdang pada Kamis (20/4/2023) lalu.

Baca juga: Viral, Video Pesawat Batik Air Keluarkan Asap, Ini Penjelasan Maskapai

Penjelasan Batik Air

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengonfirmasi bahwa terjadi gangguan pada penerbangan Batik Air dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Kualanamu pada Kamis (20/4/2023) lalu.

Ia mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan ID 6842 yang menggunakan Airbus 320-200 dijadwalkan berangkat pukul 19.00 WIB.

Namun, ada gangguan teknis yang membutuhkan waktu untuk pengecekan dan perbaikan sehingga pesawat tidak jadi diberangkatkan.

"Setelah pilot berkoordinasi dengan teknisi, diputuskan pesawat tidak dapat diberangkatkan," kata Danang kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2923).

Soal mesin pesawat yang disebut berasap

Lebih lanjut, Danang menerangkan hal yang sebenarnya terjadi pada Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6842 sehingga mesin pesawat terdengar bising. 

Terkait suara bising dan mesin yang disebut berasap tersebut, Danang menjelaskan, hal itu berasal dari Ground Turbine Compressor (GTC) yang terdengar bising dan keras. 

"Suara terdengar dari GTC pada pesawat terutama ketika berada di dekat mesin pesawat atau sekitar area penumpang. Karena adanya proses penghisapan dan proses peningkatan tekanan udara yang dilakukan oleh GTC," tambah Danang.

Baca juga: Viral, Video Penumpang Pesawat Batik Air Ngamuk karena AC Mati, Maskapai Jelaskan Penyebabnya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com