Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Cleopatra dalam Neflix Diperankan Wanita Kulit Hitam, Bagaimana Aslinya?

Kompas.com - 29/04/2023, 20:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, media sosial Twitter ramai memperbincangkan serial dokumenter Netflix bertajuk Queen Cleopatra.

Sesuai judulnya, serial ini akan memuat kisah perjalanan Firaun terakhir Mesir yang hidup pada 69 SM hingga 30 SM.

Namun, banyak warganet yang tak setuju akan visual Cleopatra yang digambarkan Netflix. Bukannya berkulit putih seperti keturunan Yunani, Ratu Mesir ini justru diperankan oleh Adele James, aktris Inggris berkulit hitam.

"Cleopatra ratu mesir tp dia dari greek/yunani = orang kulit putih. do your research," kata salah satu warganet, Kamis (27/4/2023).

"Cleopatra itu berdarah macedonia alias kulit putih. Orang lokal mesir sendiri ga berkulit hitam tapi reddish-brown, beda dg orang2 afrika bagian selatan," tulis warganet lain.

"Tapi cleo sendiri track dna dia pure white (greek), bukan egyptian. makanya pada marah karna ga sesuai sama hasil penelitian sejarah di sana, sedangkan filmnya claim dokumenter bukan fiksi," pendapat warganet lain.

Lantas sebenarnya, bagaimana sosok asli Ratu Cleopatra?

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Cleopatra Sang Ratu Mesir


Ettnis disebut bukan fokus utama dokumenter

Diberitakan The Guardian (28/4/2023), produser serial ini mengatakan bahwa etnis bukanlah fokus utama dalam dokumenter Queen Cleopatra.

Pihaknya sengaja menggambarkan sang ratu sebagai etnis campuran untuk mencerminkan teori tentang kemungkinan leluhurnya dan sifat multikultural Mesir kuno.

Bahkan, produser telah bekerja sama dengan sejarawan dan pakar terkemuka, termasuk profesor studi klasik dan Afrika di Hamilton College di New York, Shelley Haley, serta Sally-Ann Ashton.

Tujuannya, guna mengeksplorasi kisah Cleopatra sebagai seorang ratu, ahli strategi, serta penguasa kecerdasan dan ketangguhan.

Cleopatra yang lahir di Aleksandria, Mesir pada 69 SM adalah seorang Firaun yang menggantikan sang ayah, Ptolemy XII, pada 51 SM hingga kematiannya pada 30 SM.

Usai kematian wanita yang terkenal dengan kecerdasannya tersebut, Mesir pun jatuh di bawah kekuasaan Romawi.

Masih dari sumber yang sama, ibu Ratu Cleopatra tidak diketahui. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa ibunda Cleopatra bisa jadi orang Mesir asli atau dari tempat lain di Afrika.

Dramawan sekaligus pujangga asal Inggris, Shakespeare, menggunakan kata "coklat" untuk menggambarkan ratu dalam lakonnya Antony and Cleopatra.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com