Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Dua Wanita dan Anak Terjun ke Laut di Pelabuhan Tanjung Uban, Ini Kronologinya

Kompas.com - 29/04/2023, 15:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam detik-detik pengendara motor terjun ke laut di Pelabuhan Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), ramai di media sosial.

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Twitter ini pada Jumat (28/4/2023).

"Dua ibu-ibu dan seorang bocah terjun ke laut di pelabuhan Roro Tanjung Uban, Bintan, Jumat (28/04/2023), pengendara diduga hendak masuk ke kapal Roro," tulis pengunggah.

Tampak dalam video, sepeda motor yang ditunggangi dua orang wanita dan anak-anak ini tengah melintas dan berniat memasuki pintu masuk kapal.

Namun, sebelum mencapai pintu masuk, sepeda motor selip sehingga mengarah ke sisi jalan tak berpagar dan masuk ke dalam laut.

Hingga Sabtu (29/4/2023) siang, unggahan video detik-detik pesepeda motor tercebur ke laut ini telah ditonton lebih dari 213.000 kali dan disukai lebih dari 1.200 pengguna Twitter.

Lantas, seperti apa kronologinya?

Baca juga: Kisah Oscar alias Sam, Kucing yang Selamat dari Karamnya Tiga Kapal di Perang Dunia II


Kronologi pesepeda motor tercebur ke laut

Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin membenarkan insiden seperti dalam video yang tersebar di media sosial.

Menurut dia, peristiwa tersebut menimpa pengguna jasa saat proses muat ke dalam kapal KMP Teluk Singkil di Pelabuhan Tanjung Uban, pada Jumat (28/4/2023) siang.

"Dilaporkan, pengguna jasa sepeda motor yang terdiri dari dua orang penumpang dewasa dan dua orang anak dengan sejumlah barang bawaan di motor," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Saat proses muat kapal, lanjutnya, dengan terburu-buru motor bergerak dari parkir siap muat menuju ramp door atau pintu rampa, pintu untuk memasukkan kendaraan ke dalam kapal.

Kala itu, kondisi pasca hujan, sehingga pintu rampa cukup licin. Pengemudi sepeda motor pun tidak dapat mengendalikan kendaraannya, kemudian terjatuh ke laut.

"Sesaat setelah kejadian, petugas ASDP bergegas terjun ke laut memberikan pertolongan," ungkap Shelvy.

"Dan keempat orang korban yang tercebur dapat dievakuasi selamat beserta dengan unit motornya," lanjutnya.

Baca juga: Kisah Al-Mansur, Kapal Pesiar Megah Saddam Hussein yang Kini Terbengkalai Jadi Tempat Minum Teh Para Nelayan

Korban diantar hingga ke rumah

Adapun sebagai bentuk tanggung jawab, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam yang berada di Tanjung Uban segera membawa keempat korban ke klinik untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com