Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-77 TNI AU: Tema, Logo, Sejarah, dan Link Download Twibbon-nya

Kompas.com - 08/04/2023, 08:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) diperingati setiap 9 April.

Tahun ini, TNI AU akan merayakan ulang tahunnya yang ke-77 dan mengambil tema "Profesional, Tangguh dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan". 

Untuk logo HUT ke-77 TNI AU bisa diunduh di sini.

Selain logo, terdapat juga spanduk dan banner HUT ke-77 TNI AU. Berikut ini link download spanduk dan banner HUT ke-77 TNI AU:

Baca juga: Mengenal Struktur Organisasi Mabes TNI AU

Sejarah lahirnya TNI AU

Sebanyak 82 pesawat berbagai jenis milik TNI Angkatan Udara (AU) unjuk kebolehan saat gladi bersih HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (6/4/2023). Pesawat-pesawat itu nantinya akan melakukan demo udara pada acara puncak HUT ke-77 TNI AU pada Minggu (9/4/2023).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Sebanyak 82 pesawat berbagai jenis milik TNI Angkatan Udara (AU) unjuk kebolehan saat gladi bersih HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (6/4/2023). Pesawat-pesawat itu nantinya akan melakukan demo udara pada acara puncak HUT ke-77 TNI AU pada Minggu (9/4/2023).
Dilansir dari laman resmi TNI AU, sejarah lahirnya TNI AU bermula dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 23 Agustus 1945.

Pembentukan BKR bertujuan untuk memperkuat armada udara yang pada saat itu sangat kekurangan pesawat terbang dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada 5 Oktober 1945, BKR berubah namanya menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) jawatan penerbangan di bawah Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma.

Kemudian pada 23 Januari 1946, TKR kembali ditingkatkan lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI), sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara.

Lalu pada 9 April 1946, TRI jawatan penerbangan dihapuskan dan diganti dengan Angkatan Udara Republik Indonesia yang juga diperingati sebagai hari lahirnya TNI AU. Keduanya diresmikan secara bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: Spesifikasi Antonov AN 124-100, Pesawat Kargo Terbesar Kedua di Dunia yang Mendarat Perdana di Bandara Internasional Yogyakarta


Hari Bhakti TNI AU

Ada salah satu sejarah monumental yang selalu diperingati oleh jajaran TNI AU setiap tahunnya yang disebut dengan Hari Bhakti TNI AU.

Peringatan Hari Bhakti TNI AU dilatarbelakangi oleh dua peristiwa yang terjadi dalam satu hari pada 29 Juli 1947.

Peristiwa pertama, pada pagi hari, tiga kadet penerbang TNI AU masing-masing Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani, dan Kadet Sutarjo Sigit dengan menggunakan dua pesawat Cureng dan satu Guntei.

Mereka berhasil melakukan pengeboman terhadap kubu-kubu pertahanan Belanda di tiga tempat, masing-masing di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Baca juga: Spesifikasi Fokker 27, Pesawat TNI AU Jembatan Udara Antarpulau di Wilayah Indonesia

Satu pesawat C-130J Super Hercules pesanan Indonesia telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023) siang. Pantauan di lokasi, pesawat itu tiba di landasan pacu Base Ops Lanud Halim sekitar pukul 13.08 WIB. Ketibaan itu kemudian diiringi tradisi water salute dan pengalungan bunga oleh Wakil Kepala Staf AU Marsdya Agustinus Gustrad Brugman kepada dua pilot TNI AU yang menerbangkan pesawat dari pabrikan Lockheed Martin di Marietta, Georgia, Amerika Serikat, sejak 28 Februari 2023.KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Satu pesawat C-130J Super Hercules pesanan Indonesia telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023) siang. Pantauan di lokasi, pesawat itu tiba di landasan pacu Base Ops Lanud Halim sekitar pukul 13.08 WIB. Ketibaan itu kemudian diiringi tradisi water salute dan pengalungan bunga oleh Wakil Kepala Staf AU Marsdya Agustinus Gustrad Brugman kepada dua pilot TNI AU yang menerbangkan pesawat dari pabrikan Lockheed Martin di Marietta, Georgia, Amerika Serikat, sejak 28 Februari 2023.

Peristiwa kedua, jatuhnya pesawat DAKOTA VT-CLA yang megakibatkan gugurnya tiga perintis TNI AU masing-masing Adisutjipto, Abdurahman Saleh dan Adisumarmo.

Pesawat Dakota yang jatuh di daerah Ngoto, selatan Yogyakarta tersebut, bukanlah pesawat militer, melainkan pesawat sipil yang disewa oleh pemerintah Indonesia untuk membawa bantuan obat-obatan Palang Merah Malaya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com