Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengobati Gatal karena Gigitan Nyamuk, Aman dan Mudah Diaplikasikan

Kompas.com - 06/04/2023, 09:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit gatal adalah salah satu kondisi yang umum terjadi. Salah satu penyebab kulit gatal adalah karena gigitan nyamuk.

Gigitan nyamuk sering kali membuat kulit gatal, bentol, merah, dan meradang. Akibatnya, tak sedikit orang akan menggaruk area kulit yang gatal tersebut untuk mengurangi rasa gatal yang muncul.

Gatal karena gigitan nyamuk memang sangat menggangu, terlebih jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kulit lecet dan meninggalkan bekas.

Sebenarnya, ada berbagai cara mudah untuk mengobati gigitan nyamuk yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya bahkan bisa Anda jumpai di dapur atau toko di sekitar rumah.

Baca juga: Sejumlah Alasan Mengapa Anda Lebih Disukai Nyamuk daripada Orang Lain

Lantas, bagaimana cara mengobati gatal karena gigitan nyamuk?


Baca juga: Minum Bir Bikin Rentan Digigit Nyamuk, Benarkah?

1. Oatmeal

Dikutip dari American Academy of Dermatology Association (AADA), salah satu cara mengobati kulit gatal karena gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan oatmeal.

Oatmeal dapat meredakan gatal dan bengkak karena mengandung senyawa khusus yang memiliki kualitas anti iritasi.

Untuk menerapkannya, Anda bisa membuatnya menjadi pasta oatmeal dengan mencampurkan oatmeal dan air dalam jumlah yang sama sampai memiliki zat seperti spackle.

Setelah campuran selesai dibuat, ambil sedikit pasta dan taruh ke kain kemudian tahan sekitar 10 menit pada kulit yang teriritasi. Setelah itu, bilas area tersebut hingga bersih.

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Mengusir Nyamuk

2. Kompres es batu 

Suhu dingin yang dimiliki es batu dapat mengurangi peradangan.

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan kain dingin, lembap, atau kompres es untuk meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. 

Untuk menggunakannya, jangan taruh es langsung di kulit, karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Sebagai gantinya, Anda bisa meletakkan penghalang seperti kain atau handuk di antara kulit dan es batu.

Untuk menghilangkan rasa gatal, oleskan kompres es batu tersebut hingga 5 atau 10 menit dan ulangi beberapa kali sehari.

Baca juga: Mengapa Nyamuk Lebih Doyan Menggigit Orang Tertentu? Ini Sebabnya

3. Madu

Ilustrasi madu untuk obat gatal.Dok. Pixabay. Ilustrasi madu untuk obat gatal.

Dilansir dari Healthline, madu adalah pilihan yang umumnya digunakan untuk pengobatan rumahan saat mengalami gatal karena gigitan nyamuk. Hal ini karena madu memiliki banyak sifat anti bakteri dan anti inflamasi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com