Minum Bir Bikin Rentan Digigit Nyamuk, Benarkah?

Kompas.com - 08/09/2019, 05:25 WIB
Ilustrasi digigit nyamuk shutterstockIlustrasi digigit nyamuk


KOMPAS.com - Bir adalah salah satu minuman yang banyak atau bahkan jutaan orang di dunia pernah meminumnya.

Minuman beralkohol yang dibuat melalui fermentasi dan penyulingan ini disebut sebagai minuman terpopuler ketiga, setelah air dan teh.

Ada juga yang menyebut bahwa bir adalah minuman beralkohol tertua di dunia.

Namun di balik kepopulerannya, bir memiliki efek di luar dugaan bila dibayangkan.

Dilansir Hello Sehat, badan Anda akan lebih mudah dihampiri dan digigit nyamuk setelah minum bir. Berikut penjelasannya.

Penelitian dari Prancis yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One mengatakan, semakin banyak Anda minum bir badan akan semakin rentan digigit nyamuk.

Penelitian tersebut menggunakan 43 sukarelawan berusia 20 hingga 43 tahun yang dinyatakan sehat. Kemudian membaginya dalam dua kelompok.

Sebanyak 25 orang diminta untuk menghabiskan 1 liter bir dengan kadar alkohol 3 persen dan sisanya diminta minum air putih biasa dengan porsi sama.

Sebelumnya, semua sukarelawan tersebut diminta untuk berdiam diri di ruangan penuh nyamuk guna mengukur seberapa rentan mereka biasanya digigit nyamuk.

Hasilnya, orang yang setelah minum bir digigit oleh 47 persen lebih banyak nyamuk daripada sebelum minum dan daripada orang yang hanya minum air.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X