Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Eksekusi Ibu Hamil, karena Tunjuk Foto Kakek Kim Jong Un

Kompas.com - 02/04/2023, 22:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang ibu hamil dieksekusi mati oleh Pemerintah Korea Utara (Korut) setelah menunjuk foto Kim Il Sung, kakek Kim Jong Un.

Kabar tersebut terkuak setelah Korea Selatan (Korsel) baru-baru merilis laporan berisi daftar pelanggaran HAM Korut selama Kim Jong Un berkuasa. 

Laporan tersebut terdiri dari 450 halaman yang disusun setelah Yoon Suk Yeol terpilih sebagai Presiden Korsel dan berusaha menekan Korut atas pelanggaran HAM-nya.

Selain wanita hamil yang dieksekusi, Korsel juga menemukan beberapa temuan soal tindakan Pyongyang atas pembelot dan kelompok beragama.

Baca juga: Kim Jong Un Larang Warga Korut Miliki Nama yang Sama dengan Putrinya

Dieksekusi tahun 2017

Dilansir dari Wall Street Journal, wanita yang tengah hamil enam bulan itu dieksekusi tahun 2017 karena ketahuan menunjuk foto Kim Il Sung saat menari di rumah.

Kim Il Sung adalah kakek Kim Jong Un, pemimpin Korut saat ini yang memproklamasikan kemerdekaan Republik Demokratik Rakyat Korea pada 9 September 1948.

Dilansir dari Kompas.com, Kim Il Sung mempraktikkan falsafah Juche yang terdiri dari tiga pilar utama, yakni kemerdekaan politik, kemandirian ekonomi, dan kemandirian militer selama memerintah.

Kim Il Sung yang sosoknya dihormati di Korut kemudian diangkat menjadi presiden seumur hidup pada tahun 1972. Ia meninggal dunia pada 1994 karena serangan jantung.

Kim Il Sung selanjutnya digantikan oleh Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un yang meninggal dunia pada 2011 yang lalu.

Baca juga: Kim Jong Un Ajak Putrinya Nonton Parade Militer, Sinyal Jadi Penerus Pemimpin Korut?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com