Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Twit soal Karyawan Baru Tidak Perlu Beri Tahu Umur ke Teman Kerja, Apa Untung Ruginya?

Kompas.com - 19/02/2023, 10:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan berisi saran bagi karyawan baru supaya tidak memberi tahu umur ke teman kerja baru-baru ini menuai pro-kontra di kalangan warganet.

Hal tersebut bermula dari unggahan di akun base Twitter ini yang sudah mengantongi 2,2 juta kali penayangan hingga Minggu (19/2/2023).

"#1 anak baru : jangan pernah kasitau umur lo ke rekan kerja," tulis pengunggah.

Dalam cuitannya, pengunggah juga meminta warganet untuk mengutarakan pendapat mereka soal penting atau tidaknya memberi tahu umur ke teman kerja.

Berikut komentar warganet soal saran bagi karyawan baru supaya tidak memberi tahu umur mereka saat pertama kali bekerja.

Baca juga: Sakit Hati Karyawan di Balik Pembunuhan Bos Ayam Goreng dan Penculikan Anaknya di Bekasi

Komentar warganet

Sebagian warganet menilai bahwa karyawan baru yang membeberkan berapa umur mereka berpotensi diremehkan oleh teman kerjanya.

Namun sebagian lagi berpendapat bahwa tak apa memberi tahu umur ke teman kerja.

Pasalnya, mengetahui umur sesama teman kerja berguna untuk mengakrabkan diri dan memetakan kemampuan dan prospek karier.

"BETULL, eh gue setuju banget. jangan kasih tau umur lo apalagi lo liat kelakuan mereka tipe semena mena. ini gue baru banget awal kerja sbg anak training dulu di kantor eh ko gue rasa ni kelakuan pada sok iye ke anak baru, pas ditanya umur gue gamau ngaku masih 18," tulis akun ini.

"fatal sih ini. emang ngga semua rekan kerja begini tapi sebagai karyawan paling muda di perusahaan (dan kebanyakan udah tau), terlalu banyak yang liat gue berdasarkan umur bukan jabatan. ujung-ujungnya seenak jidat parah. ancur banget," cuit akun ini.

"Ngasih tau umur gapapa, asal jangan ngasih tau gaji. Nanti minjem duit," timpal akun ini.

Lantas, bagaimana tanggapan psikolog soal penting atau tidaknya memberi tahu umur ke teman kerja?

Baca juga: 2 Karyawan Bunuh Bos Ayam Goreng di Bekasi karena Diancam Potong Gaji

Tanggapan psikolog

Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta Ratna Yunita Setiyani Sudardjo mengatakan bahwa memberi tahu umur ke teman kerja tidak perlu dihindari karena hal ini wajar terjadi di tempat kerja.

"Selama adat-budaya setempat itu tidak melarang atau tidak mem-pamalikan nggak etis misalnya menyebutkan umur, menurut saya it's oke aja," kata Ratna ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Ia juga menambahkan, orang yang merasa tidak cocok dengan tempat kerja karena faktor umur merupakan sikap yang tidak dewasa.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com