Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Spesies Baru Hewan Terkuat di Bumi, "Nagini Harry Potter", seperti Apa Persisnya?

Kompas.com - 19/11/2022, 19:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para peneliti mengungkapkan adanya spesies baru dari tardigrada yang ditemukan di Taman Nasional Rokua di wilayah Ostrobothnia Utara, Finlandia pada Selasa (15/11/2022).

Spesies tersebut diberi nama Nagini, seperti tokoh ular milik Lord Voldemort dalam kisah Harry Potter.

Tardigrada diketahui adalah makhluk atau hewan berukuran mikroskopis yang dapat bertahan hidup di berbagai lingkungan di seluruh Bumi, mulai dari wilayah dengan ketinggian lebih dari 6.000 meter hingga kedalaman laut lebih dari 4.700 m.

Menariknya, tardigrada disebut menjadi spesies terkuat karena tidak bisa dihancurkan dan bisa bertahan hidup dalam kondisi ekstrem yang dapat membunuh sebagian besar organisme lainnya.

Baca juga: Dua Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di China, seperti Apa Persisnya?


Berikut penjelasan mengenai temuan spesies baru tersebut:

Ciri spesies baru tardigrada

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (19/11/2022), para peneliti menemukan spesies baru tardigrada hidup di lumut dan lumut di hutan gundukan.

Adapun spesies baru tardigrada yang ditemukan memiliki ciri yang berbeda dengan sebelumnya.

"Dalam makrobiotoidea superfamili tardigrades, pengurangan kaki dan cakar adalah sifat umum yang ditemukan dari kompleks Macrobiotus pseudohufelandi," ucap ahli biologi di Universitas Jyvaskyla sekaligus pemimpin penelitian, Matteo Vecchi.

Macrobiotus pseudohufelandi adalah sekelompok kecil tardigrada dengan adaptasi seperti kaki dan cakar yang kecil untuk hidup di bawah tanah atau pasir.

Baca juga: Apakah Kucing Boleh Diberi Susu Sapi? Ini Kata Dokter Hewan

Dinamai Nagini dari buku Harry Potter

Fosil tardigrade ditemukan terperangkap dalam batu amber (Image credit: Harvard/NJIT, illustration by Holly Sullivan) Fosil tardigrade ditemukan terperangkap dalam batu amber

Dari ciri tersebut, para peneliti menamai spesies itu Macrobiotus naginae, referensi untuk Nagini, karakter ular dari buku "Harry Potter".

"Sebelumnya seorang wanita terkutuk yang pada akhirnya dan tidak dapat diubah menjadi binatang tanpa kaki, karakter fiksi ini memberikan nama yang cocok untuk spesies baru di kompleks pseudohufelandi, yang pada gilirannya ditandai dengan kaki dan cakar yang berkurang," tulis mereka.

Nagini dalam Harry Potter sendiri diceritakan berubah dari seorang wanita menjadi makhluk tanpa kaki yang terpaksa hidup di pasir. Dan sesuai namanya, spesies baru tardigrada ini juga dikenal hidup di pasir.

Selain itu, Macrobiotus naginae juga punya kemampuan untuk mengembangkan cakar yang lebih kecil untuk merangkak di antara butiran pasir.

Baca juga: Kisah di Balik Viral Pernikahan ala Harry Potter dan Narnia...

Ukuran hewan tardigrada

Dilansir dari Kompas.com (19/3/2022), tardigrada umumnya memiliki panjang 0,05 hingga 1,2 milimeter dan biasanya tidak lebih besar dari 1 mm.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com