Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Lomba Balap Karung 17 Agustus, Ada Sejak Zaman Belanda

Kompas.com - 06/08/2022, 20:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI identik dengan perayaan berbagai lomba, salah satunya lomba balap karung.

Balap karung adalah permainan tradisional Indonesia berupa adu cepat. Sesuai namanya, permainan ini menggunakan karung goni dan hampir dimainkan di setiap daerah.

Konon, permainan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Saat itu, permainan ini kerap dimainkan oleh anak-anak yang berusia 6-12 tahun pada acara atau perayaan di sekolah-sekolah Belanda.

Seiring perkembangan zaman, permainan ini juga dimainkan oleh oran dewasa. Bahkan menjadi permainan wajib yang dilombakan pada perayaan 17 agustus.

Baca juga: Sejarah Kelam di Balik Lomba Makan Kerupuk

Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) mengikuti perlombaan balap karung memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Hutan Selogiri, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). Gelaran perlombaan menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia oleh prajurit yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) di medan latihan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kerjasama marinir kedua negara. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.BUDI CANDRA SETYA Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) mengikuti perlombaan balap karung memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Hutan Selogiri, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). Gelaran perlombaan menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia oleh prajurit yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) di medan latihan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kerjasama marinir kedua negara. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.

Sejarah balap karung

Dikutip dari laman Dinas Kebudayaan Jakarta, istilah balap karung disebutkan pertama kali digunakan di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tidak ada arsip yang menjelaskan soal asal muasal permainan balap karung.

Namun, permainan ini diyakini sudah dimainkan oleh masyarakat Jakarta, khususnya orang-orang Betawi, sejak masa Belanda.

Awalnya, permainan ini identik dimainkan oleh anak-anak berusia 6-12 tahun di acara perayaan sekolah-sekolah Belanda.

Namun, orang-orang dewasa mulai ikut memainkan permainan balap karung di beberapa acara perayaan, khususnya di hari-hari besar Kota Jakarta.

Permainan ini kerap dimainkan lantaran biayanya yang mudah dan tidak memiliki aturan yang rumit.

Baca juga: Seluruh Daerah PPKM Level 1, Apakah Lomba Agustusan Diperbolehkan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com