Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Indonesia Masters 2022: Hakim Garis Tidur, Isu Atlet Keracunan hingga Pensiunnya Greysia Polii

Kompas.com - 18/06/2022, 06:04 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelaran Indonesia Masters 2022 telah terlaksana pada 7-12 Juni 2022.

Meski sudah lewat, suasana kemeriahan dari pertandingan yang diadakan di Istora Senayan tersebut masih terasa dan menjadi perbincangan.

Tak hanya menyuguhkan pertandingan apik antar pebulutangkis dunia, sepanjang Indonesia Masters 2022 juga terdapat sejumlah hal yang menjadi warna dan kisah tersendiri dari ajang olahraga bulu tangkis ini.

Baca juga: Sejarah All England, Kejuaraan Bulu Tangkis Tertua di Dunia, Bagaimana Awal Mulanya?

Berikut adalah serba-serbi yang terjadi dan mewarnai turnamen bulu tangkis tur dunia BWF World Tour Super 500 tersebut, dikutip dari pemberitaan-pemberitaan Kompas.com sebelumnya:

1. Bertabur bintang

Indonesia Masters 2022 dipenuhi oleh bintang-bintang bulu tangkis dunia.

Sebutlah Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Chou Tien Chen, Lakshya Sen, Loh Kean Yew, hingga pasangan Lee Yang/Wang Chi-Lin, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Atlet-atlet andalan Indonesia seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Riad Ardianto juga turun bermain.

Di sektor putri terdapat nama-nama besar seperti Carolina Marin, Chen Yu Fei, He Bing Jiao, Pusarla V Sindhu, hingga ratu bulu tangkis Korea Selatan, An Se-young.

Baca juga: Dipaksa Mundur dari All England 2021, Ini Cerita Para Atlet Bulu Tangkis Indonesia

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen bertanding melawan tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting pada laga semifinal Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6/2022). Viktor Axelsen melaju ke final setelah menang 21-15, 21-15.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen bertanding melawan tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting pada laga semifinal Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6/2022). Viktor Axelsen melaju ke final setelah menang 21-15, 21-15.

3. Hakim garis tidur

Pebulutangkis tunggal putra asal Denmark, Hans-Kristian Vittinghus mendapati hakim garis yang bertugas saat ia berlaga di babak pertama 32 besar, tertidur.

Ia pun melayangkan protes pada wasit yang bertugas.

Ia menyebut kejadian ini sebagai pengalaman pertamanya yang menurutnya tidak boleh terjadi.

Baca juga: Mengenal BWF, Federasi Bulu Tangkis Dunia

Namun, di sisi lain ia juga memahami bahwa setiap orang mungkin kelelahan akibat padatnya rangkaian kegiatan yang sedang berlangsung.

Vittinghus tidak menyebut secara persis wasit garis yang ada di posisi mana yang ia temukan tertidur.

Ia menghargai setiap kondisi dan tugas orang-orang di lapangan. Namun, ia menyarankan lebih baik hakim garis yang tertidur saat pertandingan untuk diganti saja.

Baca juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021, Ini Kata BWF, PBSI hingga Para Atlet

4. Momen langka di 8 besar tunggal putra

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melakukan selebrasi usai mengalahkan lawannya pebulu tangkis tunggal putra Jepang Kento Momota dalam pertandingan babak semifinal Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022). Ginting menang atas Kento Momota dengan skor 21-13, 14-21 dan 21-12 dan membawa Tim Thomas Indonesia unggul sementara atas Jepang 1-0.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melakukan selebrasi usai mengalahkan lawannya pebulu tangkis tunggal putra Jepang Kento Momota dalam pertandingan babak semifinal Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022). Ginting menang atas Kento Momota dengan skor 21-13, 14-21 dan 21-12 dan membawa Tim Thomas Indonesia unggul sementara atas Jepang 1-0.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com