Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Kakek Dipukuli karena Curi Minyak Kayu Putih di Minimarket, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 21/06/2021, 18:00 WIB
Mela Arnani,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video memperlihatkan seorang kakek dipukuli lantaran mencuri di minimarket, viral di media sosial Instagram.

Dalam video tersebut, tampak seorang laki-laki berusia tua tersebut mengenakan kemeja lengan pendek berwarna abu-abu kehitaman, ditarik dan dipukul hingga terjatuh.

Tak berselang lama, sang kakek duduk dan mengeluarkan sejumlah minyak kayu putih dari saku kantongnya.

Disebutkan bahwa kejadian berlokasi di Desa Talulobutu Selatan, Kecamatan Tapa.

Kapolsek Tapa Iptu M Atmal menjelaskan, pihaknya langsung melakukan penyisiran ke Indomaret dan Alfamart di Kecamatan Tapa pada 20 Juni 2021, setelah video tersebut viral di media sosial.

Menurut dia, aksi kekerasan yang dilakukan oleh pegawai minimarket dikarenakan rasa emosi.

“Karena emosi kedua pegawai (minimarket) melakukan pemukulan di bagian badan,” kata Atmal saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Viral Video Pengiring Jenazah Keroyok Sopir Truk, Bagaimana Aturan Prioritas Kendaraan di Jalan?

Kronologi

Dari hasil penyelidikan dan menurut keterangan para saksi, pada 18 Juni 2021 sekitar pukul 19.30, salah seorang kakek yang tidak diketahui identitasnya masuk ke dalam minimarket Indomaret untuk menanyakan harga minyak telon.

Tak lama berselang, salah seorang karyawan mencurigai gerak-gerik kakek tersebut dan melihatnya mengambil minyak telon.

Akan tetapi, karyawan ini hanya membiarkan kakek tersebut keluar dari indomaret, disusul kedua pegawai yang mengikuti sang kakek tersebut.

Setelah itu, sang kakek menuju salah satu Alfamart dan melakukan aksi serupa, dengan mengambil beberapa botol minyak kayu putih.

Atmal menjelaskan, setelah keluar dari Alfamart, kedua pegawai Indomaret langsung menarik kakek tersebut ke dalam gudang.

Karena emosi, lanjut Atmal, kedua pegawai melakukan pemukulan di bagian badan dan perut, serta menendang kakek tersebut.

Setelah itu, pegawai minimarket langsung memeriksa isi kantong pria bercelana hitam tersebut.

Saat melakukan pencurian, ujar Atmal, kakek tersebut membawa tas. Tapi, tas tidak terlihat saat sang kakek melakukan pencurian di Alfamart.

“Setelah dilakukan ditanyakan oleh pegawai tersebut, kakek mengaku tas tersebut di titip di tempat jual nasi goreng (yang tak jauh dari lokasi),” tutur dia.

Baca juga: Video Viral Isi Bensin Cuma Rp 1.000, Memang Boleh? Ini Kata Pertamina


Pelaku pemukulan diamankan

Setelah memeriksa kantong pelaku, ditemukan 15 buah minyak kayu putih dan bohlam Philips sebanyak 20 buah.

Adapun setelah dilakukan pemeriksaan pada tas yang dipakai oleh kakek ini berisi dua buah susu dus bermerek Morinaga dan Entrasol, minyak kayu putih 9 buah, dan bohlam lampu Philips 8 buah.

"Para pelaku pemukulan sang kakek kini telah diamankan di Mako Polsek Tapa dalam rangka pengembangan lanjutan," pungkas Atmal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com