Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Lockdown dan Pengujian Disebut Tak Efektif Tekan Angka Kematian akibat Covid-19...

Kompas.com - 24/07/2020, 20:03 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah hasil penelitian yang dirlis oleh jurnal medis Inggris, Lancet, menemukan bahwa lockdown dan pengujian secara luas tidak efektif menekan angka kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat.

Mengutip Fox News, Kamis (23/7/2020), empat ilmuwan di Kanada, Yunani, dan lembaga AS di Texas menggunakan data dari 50 negara negara bagian AS untuk menilai efektivitas kebijakan lockdown.

Penelitian ini muncul setelah sejumlah gubernur negara bagian AS memutuskan untuk tetap menutup pusat bisnis dan sekolah selama pandemi.

"Tindakan pemerintah seperti penutupan perbatasan, lockdown, dan tes Covid-19 yang luas tidak memberikan pengurangan yang signifikan dalam jumlah kasus kritis atau kematian secara keseluruhan," kata perwakilan peneliti.

Baca juga: Pakar WHO: Jangan Berharap Vaksinasi Covid-19 Dapat Dilakukan Awal 2021

Mengutip Washington Times, Kamis (23/7/2020), hasil penelitian ini kemungkinan akan mendorong pemerintah untuk kembali memberlakukan kebijakan penanganan Covid-19 yang lebih bebas layaknya di Eropa.

Di Swedia misalnya, pemerintah di sana tidak menerapkan program lockdown atau penutupan wilayah, bahkan tidak melakukan uji Covid-19 secara luas.

Setelah sampai pada fase tertinggi pada musim semi lalu, kini jumlah kematian harian di Swedia berangsur menurun. Pada pertengahan Juli ini jumlahnya hanya menyentuh angka satu digit.

"Meskipun upaya lockdown dan yang lainnya di negara seperti China, Korea Selatan, dan Taiwan telah mengurangi lebih dari 90 persen kasus baru, tapi hal ini gagal diterapkan di negara seperti Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat," ungkap Lancet.

Baca juga: Bukan China, India Jadi Episentrum Baru Virus Corona di Asia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com