Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kegiatan yang Bikin Masa Karantina di Rumah Tidak Membosankan

Kompas.com - 28/03/2020, 14:35 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19 ini, sejumlah negara termasuk Indonesia mengimbau seluruh warganya agar mengarantina diri dan keluarga dengan tetap tinggal di rumah.

Karantina ini dilakukan demi kepentingan bersama, yakni memotong mata rantai penyebaran virus corona yang bisa cepat menular apabila banyak terjadi kontak antar satu orang dan lainnya.

Mengacu pada informasi yang diberikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), masa karantina sebaiknya dilakukan selama 14 hari, karena rentang waktu itu merupakan lama masa inkubasi virus di dalam tubuh seseorang.

Namun, implementasinya, masa karantina bisa saja berjalan lebih dari 2 pekan, karena berbagai alasan. Misalnya kondisi lingkungan yang masih belum aman dari ancaman virus corona.

Untuk itu, Anda perlu memutar otak mencari ide kegiatan, agar masa karantina di dalam rumah mejadi menyenangkan dan jauh dari kata membosankan.

Melansir USA Today Life (21/3/2020) terdapat banyak hal yang bisa dilakukan selama hampir 24 jam dalam beberapa pekan kita hanya beraktivitas di dalam rumah saja.

Sebelum melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, kita harus menanamkan pikiran yang positif terhadap keterbatasan kondisi yang ada.

Dengan beraktivitas dari rumah, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersama keluarga tercinta juga untuk diri Anda sendiri.

Jadi Anda memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang biasanya tidak bisa Anda lakukan, karena harus beraktivitas dari luar.

Baca juga: Melihat Cara China Tangani Kasus Corona Berdasarkan Tingkat Keparahan Pasien

Misalnya 15 kegiatan berikut:

1. Menulis blog

Blog hari ini mungkin sudah banyak ditinggalkan, karena orang-orang beralih ke media sosial yang dinilai lebih menarik.

Tapi tidak ada salahnya Anda kembali membuka laman blog Anda yang sudah lama tidak tersentuh, atau membuat satu yang baru dan menuliskan berbagai hal yang Anda sukai di sana.

2. Membersihkan perabot rumah tangga

Biasanya, kita membersihkan rumah hanya di bagian-bagian yang paling sering kita lalui atau gunakan.

Sementara benda-benda atau perabot yang jarang kita lalui atau gunakan menjadi berdebu dan bahkan kotor. Membuat suasana rumah kurang nyaman.

Inilah waktunya Anda untuk mulai memperhatikan kebersihan dan keindahan mereka. Misalnya, guci di sudut ruangan atau rak tumpukan barang di gudang.

3. Menonton film durasi panjang

Pernah kah Anda menunda untuk menonton sebuah film atau serial drama, karena waktu yang dibutuhkan cukup panjang, sementara waktu Anda di rumah sangat terbatas?

Atau Anda yang sudah merasa lelah setibanya di rumah dari kegiatan bekerja seharian?

Masa karantina saat ini menjadi jawaban terbaik untuk menyelesaikan satu per satu daftar film yang ingin Anda saksikan.

Baca juga: Sejumlah Negara yang Manfaatkan Aplikasi untuk Lacak Persebaran Virus Corona

4. Mempelajari bahasa baru

Masa berdiam diri di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari bahasa baru, misalnya dengan mengunduh aplikasi khusus bahasa seperti Duolingo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com