Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Malam Lailatul Qadar?

Kompas.com - 03/04/2024, 22:30 WIB
Ini Tanjung Tani,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lailatul Qadar adalah malam ketika Al Quran diturunkan langsung oleh Allah SWT secara keseluruhan, dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia, sebelum akhirnya dibawa Malaikat Jibril secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad.

Oleh umat Islam, Lailatul Qadar dipercaya sebagai malam mulia yang tiada bandingannya karena terpilih sebagai malam turunnya Al Quran.

Lailatul Qadar terjadi di bulan Ramadan. Kendati demikian, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan malam Lailatul Qadar terjadi.

Berikut ini pendapat para ulama mengenai kapan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan.

Baca juga: Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Menerka malam Lailatul Qadar

Nabi Muhammad tidak pernah menjelaskan secara pasti kapan terjadinya Lailatul Qadar.

Oleh sebab itu, para ulama berbeda pendapat mengenai waktu Lailatul Qadar.

Melansir lampung.nu.or.id, ulama hadis terkemuka, Ibnu Hajar Al-Asqalani, mengatakan bahwa ada banyak sekali pendapat mengenai waktu Lailatul Qadar, yang masing-masing memiliki landasan argumen.

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebutkan ada 45 pendapat terkait kapan malam Lailatul Qadar.

Dari 45 argumen itu, yang paling unggul adalah pendapat yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Setiap tahunnya, Lailatul Qadar jatuhnya di malam yang berbeda, tetapi yang diyakini paling potensial adalah tanggal 21 dan 23 Ramadan, sebagaimana pendapat Imam Syafi’i.

Sedangkan menurut mayoritas ulama, Lailatul Qadar jatuh pada malam tanggal 27 Ramadan.

Baca juga: Sejarah Nuzulul Quran

Sebagian ulama berpendapat bahwa Allah merahasiakan malam Lailatul Qadar agar manusia bersungguh-sungguh beribadah pada semua malam Ramadan.

Karena tidak ada satu pun yang mengetahui kapan pastinya waktu Lailatul Qadar, Nabi Muhammad menganjurkan untuk berlomba-lomba melakukan ibadah sebanyak-banyaknya pada tanggal ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Hal itu sesuai hadis yang diriwayatkan Bukhari, bahwa Aisyah berkata, "Rasulullah bersabda, carilah Lailatul Qadar itu dalam malam ganjil dari 10 hari terakhir dari bulan Ramadan".

Dengan kata lain, berdasarkan hadis tersebut, malam Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil dalam 10 hari terakhir bulan Ramadan, yaitu tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com