Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Kompas.com - 31/03/2024, 20:00 WIB
Ini Tanjung Tani,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar merupakan malam yang besar dan istimewa pada bulan Ramadan.

Melansir NU Online, Nuzulul Quran merupakan waktu ketika Al Quran pertama kali turun kepada Nabi Muhammad, yaitu pada 17 Ramadan.

Sedangkan, Lailatul Qadar merupakan malam istimewa ketika Allah SWT menurunkan Al Quran secara keseluruhan dan dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Berikut ini perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar.

Baca juga: Sejarah Nuzulul Quran

Nuzulul Quran, turunnya wahyu pertama Nabi Muhammad

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam.

Peristiwa ini terjadi di Gua Hira, sebelah utara Mekkah, pada 17 Ramadan 610 Masehi.

Ayat Al Quran yang diturunkan pada saat Nuzulul Quran adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Turunnya Al Quran ke muka bumi melalui dua fase. Pada fase pertama, Allah menurunkan Al Quran dari Lauhul Mahfudz ke langit bumi secara keseluruhan.

Sedangkan pada fase kedua, kitab suci Al Quran diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril, secara berangsur-angsur.

Peristiwa Nuzulul Quran, atau turunnya ayat Al Quran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad pada 17 Ramadan, merupakan bagian dari fase kedua turunnya Al Quran.

Peristiwa Nuzulul Quran dijelaskan dalam Surat Al-Isra ayat 106 dan Surat Al-Furqan ayat 132.

Kedua surat tersebut menjelaskan fase kedua turunnya Al Quran, yaitu dari Baitul Izzah (langit bumi) kepada Nabi Muhammad, secara bertahap selama sekitar 23 tahun.

Baca juga: Asbabun Nuzul, Latar Belakang Turunnya Ayat Al Quran

Peristiwa Nuzulul Quran, yang terjadi pada saat Nabi Muhammad berusia 40 tahun, menandai diangkatnya Nabi Muhammad menjadi nabi dan rasul.

Oleh umat Islam, Nuzulul Quran pada malam 17 Ramadan diperingati dengan berbagai kegiatan, mulai dari pengajian, tahlil, khatam Al Quran, dan berbagai acara di masjid.

Umat muslim juga meyakini bahwa malam Nuzulul Quran merupakan malam yang penuh berkah, sehingga dianjurkan untuk melakukan ibadah atau amalan sebanyak-banyaknya, terutama membaca Al Quran karena Nuzulul Quran adalah peringatan atas diturunkannya Al Quran untuk pertama kalinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com