Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi-aksi Radikaslime Mengatasnamakan Islam di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2023, 02:15 WIB
Susanto Jumaidi,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Radikalisme merupakan paham atau aliran yang menginginkan perubahan dan pembaharuan secara drastis atau cepat, tak jarang dengan kekerasan.

Realitas sejarah aksi radikalisme di Indonesia kerap memunculkan identitas-identitas suatu kelompok, salah satunya identitas sebagai kelompok mengatasnamakan Islam.

Dikutip dari Rentetan Peristiwa Bom di Indonesia yang ditulis oleh Nugroho (2012), aksi radikalisme membawa identitas Islam muncul kali pertama di Indonesia pada abad ke-18 yang dilakukan oleh golongan Padri di bawah pimpinan Tuanku nan Tuo.

Dalam perkembangannya, paham radikal mengatasnamakan Islam kian berkembang dalam kelompok-kelompok baru yang besar di antaranya, NII/DI/TII, JI, JAD, ISIS, dan lain-lainnya.

Sejarah mencatat, banyak organisasi radikalisme mengatasnamakan Islam yang terlibat dalam aksi-aksi kekerasan radikalisme di Indonesia. Berikut beberapa catatannya:

Baca juga: Penyebab Perang Padri (1803-1838)

Pemberontakan DI/TII

Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia merupakan sebuah gerakan radikal yang dibangun oleh organisasi Negara Islam Indonesia (NII) yang dideklarasikan oleh Kartosoewirjo tahun 1949 di Jawa Barat.

Cara kelompok ini mengukuhkan dan memperluas kekuasaannya melalui aksi pemaksaan dan kekerasan bersenjata.

Tidak lama setelah deklarasi tersebut, di beberapa kota lainnya termasuk Jawa Tengah, Aceh, Sulawesi, dan Kalimantan berdiri kelompok yang membai'atkan diri sebagai bagian dari NII.

Gerakan yang ada di kota-kota tersebut juga menggunakan cara yang sama, dan aksinya semakin terorganisir sehingga kelompok ini eksis hingga tahun 1960-an.

Baca juga: Pemberontakan DI/TII di Mana Saja?

Bom Gereja Serentak di Malam Natal

Pada tahun 2000, terjadi pengeboman terhadap gereja-gereja di 13 kota di Indonesia yang dilakukan oleh sekelompok golongan radikal yang mengatasnamakan Islam.

Kelompok radikan ini dipimpin oleh Encep Nurjaman yang merupakan anggota jaringan Jama'ah Islamiyah (JI) yang terafiliasi dengan Al Qaeda.

Peristiwa pengeboman serentak di malam natal itu merenggut 16 nyawa dan 96 lainnya luka-luka.

Baca juga: Bom Gereja Katedral Makassar: Kronologi Kejadian, Keterangan Polisi, dan Sikap Presiden

Bom Bali I

Bom Bali I merupakan peristiwa terorisme yang mengatasnamakan Islam yang terjadi pada 12 Oktober 2002.

Peledakan bom ini terjadi di tiga loikasi, yaitu Diskotik Sari Club, Diskotek Paddy's, dan sekitar Kantor Konsulat Amerika.

Pelaku pengeboman yang merupakan jaringan Jama'ah Islamiyah (JI) ini menewaskan 202 orang dan ratusan lainnya luka-luka.

Baca juga: Tragedi Bom Bali I: Kronologi, Jumlah Korban, Pelaku, dan Penyelesaiannya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com