Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekaisaran Romawi Timur: Sejarah, Masa Kejayaan, dan Keruntuhan

Kompas.com - 14/01/2022, 12:00 WIB
Lukman Hadi Subroto,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kekaisaran Romawi Timur atau yang dikenal sebagai Kekaisaran Bizantium berdiri pada abad ke-4.

Pemerintahan yang berpusat di Konstantinopel, Turki, ini diperintah para kaisar setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat.

Setelah berdiri selama lebih dari sepuluh abad, Kekaisaran Romawi Timur runtuh pada 29 Mei 1453, setelah dikepung dan dihancurkan oleh Kesultanan Turki Utsmani yang dipimpin oleh Mehmed II.

Sejarah awal

Para ahli berbeda pendapat terkait kapan mulai berdirinya Romawi Timur. Ada yang menyebut pada era kekuasaan Diokletianus, Kaisar Romawi periode 284-305.

Adapula yang meyakini setelah Kekaisaran Romawi dibagi menjadi dua, Romawi Barat dan Romawi Timur, pada masa kekuasaan Theodosius I (379-395), atau setelah kematiannya pada 395.

Baca juga: Kekaisaran Romawi: Sejarah Berdirinya, Masa Kejayaan, dan Keruntuhan

Pendapat lainnya menyebut bahwa Kekaisaran Romawi Timur resmi berdiri pada 476, setelah Kekaisaran Romawi Barat runtuh di masa pemerintahan Romulus Augustus (475-476).

Akan tetapi, mayoritas ahli berpendapat awal mula kekuasaan Kekaisaran Romawi Timur adalah ketika Kaisar Romawi, Konstantinus Agung, memindahkan ibu kota dari Nikomedia (di Anatolia) ke Bizantium (kemudian diubah menjadi Konstantinopel) pada 330.

Pemerintahan Roma di barat mengalami keruntuhan pada 476, usai dikalahkan oleh orang-orang Barbar yang dipimpin oleh Odoacer.

Sementara Romawi Timur, justru semakin makmur dan tidak tersentuh oleh serangan dari manapun karena lokasi geografisnya.

Selain itu, Kaisar Romawi Timur mampu melakukan kontrol lebih besar atas sumber daya ekonomi kekaisaran dan lebih efektif mengumpulkan tenaga yang cukup untuk memerangi invasi.

Pada 410-413, dibangun Tembok Theodosian, yang membuat Konstantinopel mampu menahan serangan dari dari laut dan darat.

Baca juga: Sejarah Singkat Republik Romawi

Masa kejayaan

Wilayah yang dikuasai pada awal pemerintahan Kekaisaran Romawi Timur meliputi Mesir, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Palestina.

Kekaisaran Bizantium mampu berkembang pesat karena memiliki pelabuhan penting, yang menghubungkan perdagangan antara para pedagang Barat dan Timur.

Kaisar Justinian I, yang mengambil alih kekuasaan pada 527, adalah penguasa besar pertama Kekaisaran Bizantium.

Selama tahun-tahun pemerintahannya, wilayah kekaisaran mencakup sebagian besar tanah di sekitar Laut Mediterania, setelah pasukannya menaklukkan bagian dari bekas Kekaisaran Romawi Barat, termasuk Afrika Utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com