Sejarah Singkat Republik Romawi

Kompas.com - 13/01/2022, 12:00 WIB
Forum Romawi yang merupakan pusat komersial, budaya, agama, dan politik kota dan republik yang menampung berbagai kantor dan tempat pertemuan pemerintah Romawi. National GeographicForum Romawi yang merupakan pusat komersial, budaya, agama, dan politik kota dan republik yang menampung berbagai kantor dan tempat pertemuan pemerintah Romawi.

KOMPAS.com - Republik Romawi adalah periode peradaban Romawi Kuno yang ditandai dengan bentuk pemerintahan republik.

Periode yang berlangsung antara 509 SM hingga 27 SM ini menjadi salah satu contoh demokrasi perwakilan paling awal di dunia.

Pemerintahan Republik Romawi dimulai dari penggulingan Kerajaan Roma (753-509 SM), dan diikuti oleh berbagai perang saudara.

Kekuasaannya berlangsung selama hampir lima abad, hingga akhirnya digantikan oleh Kekaisaran Romawi pada 27 SM.

Baca juga: Kekaisaran Romawi: Sejarah Berdirinya, Masa Kejayaan, dan Keruntuhan

Berdirinya Republik Romawi

Periode Kerajaan Romawi hingga Republik Romawi awal (509-264 SM), menjadi periode yang tidak terdokumentasikan dengan baik dalam sejarah Romawi.

Namun, secara umum para ahli sepakat bahwa republik telah dimulai pada 509 SM atau setelah penggulingan Lucius Tarquinius Superbus, penguasa terakhir Kerajaan Romawi.

Lucius Tarquinius Superbus digulingkan oleh Porsenna, raja keturunan Etruska. Namun, setelah itu terjadi kekosongan kekuasaan karena Porsenna meninggalkan Roma.

Untuk mengisi kekosongan kekuasaan, orang-orang kaya Romawi mendirikan pemerintahan republik dengan membentuk majelis.

Majelis inilah yang memutuskan hal-hal penting seputar pemerintahan atas nama penduduk Romawi.

Menurut para sejarawan kuno, perubahan dan inovasi ini dihasilkan dari perjuangan politik antara dua tatanan sosial, yaitu bangsawan dan plebeian (militer).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.