Latar Belakang Perang Korea

Kompas.com - 12/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Perang Korea dimulai pada 25 Juni 1950, ketika 75.000 Tentara Rakyat Korea Utara melintasi batas paralel ke-38, yang memisahkan Republik Demokratik Korea di utara yang didukung Soviet, dan Republik Korea di selatan yang pro-Barat.

Satu bulan kemudian, pasukan Amerika Serikat (AS) memasuki medan perang atas nama Korea Selatan, dengan misi memerangi komunisme.

Dalam perkembangannya, AS khawatir akan meletus Perang Dunia III, sehingga berusaha untuk mengupayakan gencatan senjata dengan Korea Utara.

Akhirnya, pada 27 Juli 1953, Perang Korea, yang telah menewaskan lima juta tentara dan warga sipil, resmi diakhiri.

Namun, Perang Korea berakhir tanpa perjanjian damai, sehingga secara teknis Korea Selatan dan Korea Utara sampai sekarang masih berperang.

Sejauh ini, ujung dari Perang Korea adalah gencatan senjata dan masih dilakukan upaya untuk melakukan perjanjian damai.

Lantas, apa latar belakang terjadinya Perang Korea?

Baca juga: Uni Soviet: Sejarah, Ekonomi, dan Pembubaran

Terpecahnya Korea

Awal mula terjadinya Perang Korea tidak lepas dari penjajahan Jepang di Semenanjung Korea pada awal 1910 hingga Perang Dunia II berakhir pada 1945.

Ketika Jepang menyerah pada Sekutu, Semenanjung Korea menjadi daerah yang saling ditarik oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Pada 1948, Korea Utara dan Korea Selatan dipisahkan oleh garis paralel ke-38, yaitu garis lintang yang melintasi Semenanjung Korea.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.