Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hafiz/Gloria Kejar Poin agar Lolos Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 10/02/2020, 13:20 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dituntut untuk terus mengejar poin demi lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Target Indonesia adalah meloloskan dua ganda campuran ke olimpiade.

"Iya, mau tidak mau mereka (Hafiz/Faizal) harus bisa mengejar poin pada enam pertandingan (turnamen) tersisa," ucap pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, dikutip dari Antara.

Baca juga: Pelatih: Permainan Praveen/Melati Masih Dipengaruhi Penyakit Lama

Berdasarkan peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) per 4 Februari 2020, Hafiz/Gloria kini berada di posisi delapan besar dunia yang merupakan syarat lolos olimpiade.

Namun, posisi itu terbilang rentan digeser oleh pasangan dari negara lain.

Adapun dari enam turnamen kualifikasi tersisa yang masih akan berlangsung hingga April 2020, Hafiz/Gloria ditargetkan setidaknya bisa tembus final pada dua atau tiga kejuaraan yang diikuti.

Enam turnamen sisa yang bakal diikuti Hafiz/Faizal ialah German Open, All Englang, India Open, Swiss Open, Malaysia Open, dan Singapura Open.

Sementara itu, terkait kekalahan Hafiz/Gloria pada dua turnamen awal tahun ini, Richard menilai keduanya masih belum mampu percaya diri.

Pada Indonesia Masters 2020, langkah Hafiz/Gloria terhenti pada babak pertama.

Baca juga: Ahsan/Hendra Tak Kurangi Porsi Latihan demi Olimpiade 2020 Tokyo

Sementara pada Thailand Master 2020, mereka harus puas menjadi runner-up.

"Sebenarnya itu lebih banyak pada mereka kadang suka ragu-ragu. Gim pertama ragu-ragu, gim kedua bagus, gim ketiga hilang lagi. Nah itu yang kita dukung agar mereka bisa tampil percaya diri," ujar Richard.

Berdasarkan aturan BWF, setiap negara hanya diperbolehkan mengirimkan dua wakil ke olimpiade dan harus berada di posisi delapan besar dunia saat kualifikasi.

Sejauh ini, untuk sektor ganda campuran, baru pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavoanti, yang berpeluang besar tampil di Olimpiade 2020 karena posisi mereka kini di urutan kelima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com