Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Virus Corona, Timnas Sepak Bola Putri China Dikarantina di Australia

Kompas.com - 29/01/2020, 22:20 WIB
Angga Setiawan,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Timnas sepak bola putri China terpaksa dikarantina oleh otoritas keamanan Australia seusai virus corona mewabah.

Awalnya, timnas sepak bola putri China tiba di Brisbane untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, setibanya di Brisbane pada Rabu (29/1/2020) pukul 09.00 pagi waktu setempat, timnas putri China dikarantina otoritas keamanan Australia.

Meski para pemain timnas putri China tidak menunjukkan gejala tertular virus corona, pihak setempat tetap melakukan pengawasan ketat sampai benar-benar aman.

Baca juga: Wabah Virus Corona Mulai Ganggu Persiapan Olimpiade Tokyo 2020

Informasi tersebut juga dibenarkan oleh Menteri Kesehatan yang berada di Queensland,  Steven Miles.

"Departemen kesehatan telah berkoordinasi dengan pihak setempat, terutama manajemen hotel untuk melakukan prosedur isolasi dengan baik," ujar Miles, dikutip dari SCMP.

"Kami dari pihak otoritas memastikan bahwa prosedur bakal dilaksanakan untuk memastikan apakah mereka (timnas sepak bola putri China) tidak terpapar virus tersebut demi kemanan," kata dia lagi.

Ini menjadi kemunduran atas kepercayaan publik tak hanya terhadap wilayah China, tapi juga para warganya yang tengah bepergian ke luar negeri.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Timnas Sepak Bola Putri China Terkendala Corona

Sebelumnya, babak kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga sepak bola wanita akan digelar di Wuhan.

Namun, venue kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 terpaksa dipindah karena Wuhan menjadi salah satu lokasi pertama penyebaran virus corona.

Venue kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 sempat dipindah ke Naijing. Namun, karena kasus virus corona meluas, venue kembali dipindah ke Sidney, Australia.

Timnas putri China sebelumnya juga sempat dikarantina di Suzhou sebelum akhirnya kembali di isolasi di Brisbane sampai 5 Februari 2020.

Padahal, dalam waktu dekat, mereka harus berhadapan dengan Thailand pada 3 Februari, disusul melawan Taiwan pada 6 Februari, dan diakhiri melawan Jepang 9 Februari.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona pada Tour de Langkawi

Dengan proses karantina yang wajib dilakukan timnas putri China, ada kemungkinan pertandingan bakal diundur.

Demi meluruskan alasan dibalik proses karantina timnas putri China, pihak Federasi Sepak Bola Australia (FFA) ikut turun tangan menjelaskan.

FFA mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa proses karantina merupakan prosedur tanggap darurat terkait penyebara virus corona yang mulai menyebar di luar wilayah China.

Meski demikian, pihaknya memastikan tujuan dari hal tersebut demi kepentingan banyak pihak terutama para pemain, staf pelatih, serta penonton yang melihat pertandingan nantinya.

FFA juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah Australia dan Federasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menyelesaikan masalah jadwal kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo cabang sepak bola wanita.

Sebagai komitmennya, FFA kemudian membatalkan jadwal pertandingan kualifikasi dan sudah berkoordinasi guna menunggu kepastian dari pihak penyelenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com