Wabah Virus Corona Mulai Ganggu Persiapan Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 29/01/2020, 06:00 WIB
Cincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019. channelnewsasia.com/Reuters/Issei KatoCincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Wabah virus corona mulai mengganggu persiapan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Setidaknya, gangguan terjadi dalam penyelenggaraan kualifikasi beberapa cabang olahraga di Olimpiade Tokyo 2020 yang dihelat di China.

Komite Olimpiade Internasional telah membatalkan kualifikasi tinju Olimpiade yang akan diadakan di Wuhan, Februari mendatang.

Lokasi penyelenggaraan acara kemudian dipindah ke Amman, Yordania.

Keputusan itu menyusul langkah serupa untuk memindahkan kualifikasi sepak bola putri Olimpiade dari Wuhan ke Nanjing.

Wuhan adalah titik nol dari penyebaran virus corona yang kini mulai menyebar ke banyak negara, tak terkecuali di Eropa.

Sampai Selasa (28/1/2020), tercatat sudah lebih dari 100 orang yang tewas akibat wabah virus tersebut. Seluruhnya terjadi di China.

Baca juga: Klub Thailand Gagal Manfaatkan Keuntungan dari Wabah Virus Corona

Sementara itu, kualifikasi bola basket putri yang seharusnya digelar di Foshan, terpaksa dipindah ke Beograd, Serbia.

"Setelah secara hati-hati mengevaluasi perkembangan wabah Coronavirus dan memperhitungkan keamanan para pemain, FIBA telah memutuskan untuk memindahkan turnamen ke Beograd di mana kualifikasi Olimpiade sekarang akan dimainkan sebagai gantinya," tulis Asosiasi Bola Basket Internasional dalam sebuah pernyataan.

Selain beberapa pertandingan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, pembatalan kegiatan olahraga juga dilakukan terhadap acara maraton Hong Kong pada 9 Februari, dan lomba balap Tour of Hainan pada akhir Februari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X