Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kata “Drama” Menurut KBBI dan Para Ahli

Kompas.com - 23/02/2024, 13:26 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam dunia kesenian, kita mengenal istilah “drama”.

Dilansir dari buku Kajian Seni Budaya Sekolah Dasar (Pengantar Apresiasi Seni Tari, Drama, Musik, dan Rupa) (2023) oleh Belinda Dewi Regina, dijelaskan mengenai asal mula istilah “drama”.

Baca juga: Seni Drama: Pengertian, Unsur, Tokoh-tokoh, dan Contohnya

Kata Drama berasal dari Bahasa Yunani yakni “draomai”, yang berasal dari kata kerja dan yang berartikan “berbuat, perbuatan, tindakan, atau aksi” pada segi etimologi drama mengutamakan gerak, perbuatan yang merupakan hakikat drama yang berbalut dengan karangan.

Drama merupakan salah satu bentuk karya seni yang dibalut dalam bentuk gerakan atau adegan di mana setiap perkataan bertujuan memberikan pemahaman kepada menonton tentang apa yang diperagakan atau tentang apa lakukan.

Baca juga: Ungkapan Simbolik Kreasi Naskah Drama dan Penampilan Teater

Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian drama adalah komposisi prosa atau syair yang bertujuan dapat menggambarkan bagaimana kehidupan dan watak melalui tingkah laku yang bernama akting atau dialog yang ditayangkan/dipentaskan.

Drama adalah sastra yang bergendre sastra yang dapat menampilkan gambaran atau fisik dengan cara verbal dengan menggunakan percakapan atau dialog, dalam dialog menentukan bagaimana alur atau cerita yang akan ditampilkan.

Menurut para ahli

Dikutip dari buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (2022) oleh Laili Etika Rahmawati dan Miftakhul Huda, berikut beberapa pengertian drama menurut para ahli:

  • Ferdinan Brunetiere dan Balthazar Verhagen

Drama adalah kesennian yang melukiskan sifat dan sikap manusia dan harus melahirkan kehendak manusia dengan action dan perilaku.

  • Moulton

Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak, menyaksikan kehidupan manusia yang diekspresikan secara langsung.

Baca juga: Perbedaan Drama Tradisional dan Drama Modern

  • Krauss

Drama adalah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan jelas terorganisasi dialog dramatis, sebuah konflik, dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.

  • Sudjiman

Drama adalah karya sastra yang betujuan menggambarkan kehidupan dengan mengemukakan tikaian dan emosi lewat lakuan dan dialog.

  • W.S.Rendra

Drama atau sandiwara adalah seni yang mengungkapkan pikiran atau perasaan orang dengan mempergunakan laku jasmani dan ucapan kata-kata.

Baca juga: Unsur Setting dalam Sebuah Drama

  • Harymawan

Drama berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak, bereaksi, dan sebagainya; dan drama berarti: perbuatan, tindakan.

  • A. Kasim Achmad

Drama berasal dari kosakata Yunani draomai, yang artinya berbuat, bergerak, atau berlaku. Drama mempunyai pengertian yang lebih sempit dibanding dengan teater.

Itulah penjelasan mengenai pengertian drama menurut KBBI dan para ahli.

Baca juga: 5 Jenis Bunga yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com