Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompensasi: Pengertian dan Manfaatnya

Kompas.com - 08/02/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Imbalan jasa yang diberikan secara teratur dan dalam jumlah tertentu oleh perusahaan kepada para karyawan, atas kontribusi tenaganya yang telah diberikan untuk mencapai tujuan perusahaan disebut kompensasi.

Perusahaan memberi kompensasi kepada karyawannya, dalam rangka meningkatkan juga mendorong kinerja karyawan.

Biasanya kompensasi juga diberikan perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang produktif juga berprestasi.

Apa itu kompensasi dan apa saja manfaatnya?

Pengertian kompensasi

Menurut Edi Winata dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2022), kompensasi adalah hak karyawan setelah memberi tenaga, pikiran, dan waktu kepada perusahaan.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Penilaian Prestasi Karyawan

Tentunya pemberian kompensasi ini harus disesuaikan juga didasarkan pada kebijakan. Sebab, langsung atau tidak, kompensasi akan memengaruhi kinerja karyawan.

Dikutip dari buku Variabel Interviewing (2022) karya Masna Hatuwe, kompensasi adalah imbalan atas prestasi kerja yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

Pengertian kompensasi adalah imbalan terhadap jasa atau usaha yang dilakukan, dengan maksud meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan karyawan.

Kesimpulannya, kompensasi adalah imbalan jasa, baik langsung maupun tidak, yang diberikan perusahaan kepada karyawan, atas kinerja dan usahanya selama waktu tertentu.

Manfaat kompensasi

Dilansir dari buku Manajemen Kompensasi (2024) oleh Nor Laila dkk, salah satu manfaat kompensasi adalah meningkatkan semangat kerja karyawan.

Baca juga: Unsur Penilaian Kinerja

Ketika karyawan mendapat kompensasi atau imbalan jasa, mereka akan lebih merasa dihargai. Dengan begitu, kinerja dan semangatnya akan bertambah besar.

Manfaat kompensasi yang berikutnya adalah meningkatkan kepuasan dan komitmen karyawan terhadap perusahaan.

Bagi perusahaan, kompensasi bermanfaat untuk menjaga atau mempertahankan karyawan yang dianggap bagus kinerjanya selama bekerja.

Dengan demikian, manfaat kompensasi adalah meningkatkan semangat kerja, kepuasan, serta komitmen karyawan, juga mempertahankan karyawan yang bagus kinerjanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com