Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Perlu Mengembangkan Sikap Toleransi di Masyarakat?

Kompas.com - 26/01/2024, 22:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comToleransi adalah salah satu sikap yang perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di masyarakat. Mengapa kita sangat perlu mengembangkan sikap toleransi di masyarakat? Berikut adalah penjelasannya!

Menghindari konflik

Suatu masyarakat, biasanya terbentuk dari berbagai macam orang dengan etnis, agama, alat belakang, suku bangsa, dan adat istiadat yang berbeda.

Menurut Rosalina Ginting dalam Toleransi dalam Masyarakat Plural (2009) kondisi masyarakat yang beragam menyebabkan mudah munculnya berbagai kerusuhan berupa konflik antar etnis, agama, ataupun adanya kecemburuan sosial yang disebabkan oleh kesenjangan.

Baca juga: Arti Penting Melaksanakan Sikap Toleransi

Selain itu, latar belakang yang berbeda juga menyebabkan seseorang memiliki kepentingan dan kebiasaan yang berbeda dengan orang lain.

Perbedaan tersebut kerap menimbulkan konflik, di sinilah toleransi diperlukan.

Tolerasi dapat membuat masyarakat saling menerima perbedaan dan tidak mengganggu satu sama lain, sehingga dapat menghindari konflik.

Baca juga: Perbedaan Toleransi dan Simpati

Menjungjung tinggi demokrasi

Menurut Nurcholish Madjid dalam Cita-cita Politik Islam Era Reformasi (1999), toleransi adalah wujud ikatan di mana masing-masing pribadi atau kelompok dalam suatu lingkungan sosoal memiliki kesediaan memandang yang lain dengan penghargaan, betapa pun perbedaan yang ada tanpa saling memaksakan kehendak, pendapat, atau pandangan sendiri.

Toleransi di masyarakat dapat membentuk masyarakat yang menjungjung tinggi demokrasi. Di mana masyarakat tersebut saling menerima dan menghormati perbedaan pendapat.

Tidak ada egoisme atau memaksakan kehendak di dalamnya, sehingga demokrasi dapat terbentuk.

Baca juga: 6 Macam Bentuk Toleransi

Lingkungan masyarakat yang nyaman

Alasan mengapa kita perlu mengembangkan sikap toleransi di masyarakat adalah membentuk lingkungan yang nyaman.

Menurut Ngainun Naim dalam Membangun Toleransi dalam Masyrakat Majemuk Telaah Pemikiran Nurcholis Madjid (2013), toleransi akan membentuk masyarakat yang saling menghormati, menghargai, dan memahami satu sama lain.

Jika hal tersebut terus berlangsung, maka kan tercipta lingkungan masyarakat yang nyaman, aman, damai, penuh kebersamaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com