Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interaksi Wilayah: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 16/01/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comHubungan antara dua wilayah atau lebih yang menimbulkan gejala baru disebut interaksi wilayah.

Tiap kawasan atau daerah perlu berinteraksi, demi memenuhi kebutuhan mereka. Sebab, tak semua kebutuhan bisa terpenuhi hanya dengan mengandalkan sumber daya sendiri.

Apa itu interaksi wilayah?

Pengertian interaksi wilayah

Dilansir dari situs Wiley Online Library, interaksi wilayah adalah konsep dasar yang menerangkan bagaimana antarwilayah bisa saling berinteraksi.

Spatial interaction atau interaksi wilayah, pada dasarnya, berkaitan dengan pergerakan orang, abrang, jasa, energi, hingga informasi.

Baca juga: Integrasi Wilayah: Pengertian dan Contohnya

Sementara itu, dikutip dari situs Science Direct, interaksi wilayah adalah konsep yang menggambarkan ketergantungan dua wilayah atau lebih secara fungsional.

Pengertian interaksi wilayah adalah istilah umum untuk tiap pergerakan orang, barang, atau informasi yang dihasilkan dari proses pengambilan keputusan.

Contoh interaksi wilayah yang mungkin terjadi, yakni perpindahan penduduk (migrasi), perjalanan untuk rekreasi, dan penggunaan fasilitas kesehatan.

Jika disimpulkan, pengertian interaksi wilayah adalah interaksi atau hubungan dua wilayah atau lebih yang melibatkan pergerakan subyek maupun obyek.

Contoh interaksi wilayah

Menurut Ernan Rustiadi dalam buku Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (2018), salah satu contoh interaksi wilayah adalah kota Jakarta dan Bogor.

Baca juga: Wilayah: Pengertian dan Contohnya

Kedua kota yang berdekatan ini, meningkatkan peluang terjadinya interaksi wilayah. Sehingga kegiatan ekonomi, pendidikan, dan kesehatannya saling bersinggungan.

Contoh interaksi wilayah lainnya ialah kota Yogyakarta dan Solo. Meski tak bersebelahan, kedua kota ini saling berinteraksi.

Misal, banyak warga Yogyakarta yang datang ke Solo untuk berlibur, menempuh pendidikan, atau berobat, dan begitu pula sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com