Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kecerdasan Majemuk, Apa Itu?

Kompas.com - 21/12/2023, 12:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Teori kecerdasan majemuk awalnya digagas oleh Howard Gardner, John H., dan Hobbs.

Kemudian, Gardner mengatakan bahwa teori kecerdasan majemuk dapat digunakan untuk pengembangan kurikulum, perencanaan pembelajaran, pemilihan kegiatan pembelajaran, dan strategi penilaian hasil belajar.

Dilansir dari buku Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional (2021) oleh Masganti Sit, menurut Gardner, kecerdasan majemuk adalah keragaman kemampuan dalam belajar yang dapat dimaksimalkan dengan menggunakan bagian kecerdasan yang kuat untuk membantu bagian kecerdasan yang lemah.

Baca juga: Penggagas dan Pengertian Sistem Among dalam Pendidikan

Sementara itu, menurut buku Mengembangkan Potensi Kecerdasan Linguistik Pada Anak Sebagai Optimalisasi Kecerdasan Majemuk (2022) oleh Dewi Putriani Yogosara Lodewijk, dijelaskan mengenai pengertian lain dari kecerdasan majemuk.

Akademisi ini berpendapat bahwa tidak ada manusia yang tidak cerdas.

Paradigma ini menentang dikotomi cerdas-tidak cerdas.

Gardner juga menentang anggapan "cerdas" dari sisi IQ (Intelligence Quotients), yang menurutnya hanya mengacu pada tiga jenis kecerdasan, yakni logis-matematis, linguistik dan spasial.

Baca juga: Landasan Kultural Pendidikan Pancasila

Kecerdasan majemuk adalah pendekatan perkembangan dalam belajar yang ditandai anak tumbuh dan berkembang sebagai suatu keseluruhan, tidak hanya satu dimensi saja yang berkembang dalam suatu waktu tertentu atau sebaliknya tidak semua dimensi memiliki kecepatan perkembangan yang sama.

Selain itu, kecerdasan majemuk adalah kemampuan memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya.

Secara umum, kecerdasan ini dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berpikir, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan apa yang dihadapi.

Baca juga: Landasan Filosofis Pendidikan Pancasila

Kecerdasan majemuk bagi pendidikan

Berdasarkan buku Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini (2019) oleh M. Zakaria Hanafi, inti dari pengembangan kecerdasan majemuk adalah mampu menjawab permasalahan tentang bagaimana caranya memperlakukan murid sesuai dengan potensi alami dirinya masing-masing.

Kemampuan dan potensi inilahyang kemudian distimulus untuk diarahkan agar berkembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangannya.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Pendidikan Politik

Hal tersebut mendasarkan pada salah satu tujuan pendidikan dasar yaitu membentuk karakter siswa, maka perlu dikembangkan pendidikan kecerdasan majemuk yang mengarah pada pembentukan karakter unggul.

Karakter memberikan landasan kokoh bagi siswa untuk mengembangkan dan menemukan jati diri anak, baik dalam melanjutkan studi pada jenjang lebih lanjut maupun mengarungi kehidupan di masa yang akan datang.

Itulah penjelasan mengenai kecerdasan majemuk.

Baca juga: 10 Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Ahli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com