Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Struktur Organisasi

Kompas.com - 19/12/2023, 01:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Struktur organisasi adalah sebuah garis hierarki atau bertingkat yang mendeskripsikan komponen-komponen penyusun organisasi, di mana setiap individu dalam lingkup organisasi tersebut mempunyai posisi dan fungsinya masing-masing.

Idealnya, setiap perusahaan mempunyai struktur organisasi supaya dapat berjalan dengan baik.

Apa saja jenis-jenis struktur organisasi?

Secara umum, terdapat enam jenis struktur organisasi pada perusahaan yang meliputi:

Struktur organisasi fungsional 

Struktur organisasi fungsional adalah jenis struktur organisasi yang paling umum dipakai oleh organisasi.

Dalam struktur organisasi fungsional, pembagian kerja dilakukan berdasarkan fungsi dari masing-masing manajemen, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen produksi, dan lain-lain.

Pengelompokkan suatu unit kerja dilakukan dengan memilah karyawan yang mempunyai kesamaan dalam kemampuan dan keterampilan.

Struktur organisasi fungsional sangat tepat untuk digunakan oleh perusahaan yang bergerak menghasilkan produk dan jasa layanan.

Kelebihan struktur organisasi fungsional adalah memudahkan tim manajerial ketika melaksanakan pengawasan dan evaluasi kinerja karyawan. Kelebihan lainnya yaitu dapat menekan biaya operasional organisasi.

Namun, kekurangan struktur organisasi fungsional adalah adanya kesulitan ketika berkomunikasi dengan unit kerja yang lain. Terdapat pula keterbatasan dalam pelatihan manajemen umum bagi karyawan.

Baca juga: 5 Bentuk Power dalam Organisasi

Struktur organisasi divisional

Struktur organisasi divisional adalah jenis struktur organisasi yang melakukan pengelompokan berdasarkan pada kesamaan produk, jasa, letak geografis, dan pasar.

Jenis struktur organisasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan berskala menengah hingga besar karena biaya operasional lebih tinggi daripada struktur organisasi fungsional.

Kelebihan penerapan struktur organisasi divisional adalah perusahaan lebih mempunyai kemudahan dalam pengelolaan karena memecah divisi-divisi dalam perusahaan menjadi bagian yang lebih kecil.

Kelemahan struktur organisasi divisional ada pada alokasi sumber daya dan distribusi biaya yang harus ditanggung perusahaan.

Struktur organisasi lini

Dalam struktur organisasi lini, hubungan antara atasan dengan bawahan terjadi secara vertikal dan langsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com