Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Faktor Penentu Keberhasilan Budidaya Ikan

Kompas.com - 28/11/2023, 21:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara umum, terdapat dua faktor penentu keberhasilan budidaya ikan konsumsi, yaitu secara teknis mampu mengendalikan kualitas air kolam dan memahami karakterisktik ikan yang dibudidayakan.

Pengelolaan kualitas air

Pengelolaan kualitas air untuk keperluan budidaya sangat penting, karena air merupakan media hidup bagi biota akuatik termasuk ikan.

Kualitas air memegang peranan penting dalam meningkatkan produksi budidaya ikan, di mana pengelolaan kualitas air yang baik menjadi kunci keberhasilan budidaya.

Baca juga: Mengenal Kualitas Air dalam Budidaya Ikan

Kualitas air yang sesuai dengan kebutuhan hidup ikan dapat menunjang kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan.

Faktor-faktor yang memengaruhi kualitas air yang harus dikelola untuk budidaya perikanan adalah faktor fisika, kimia dan biologi.

Beberapa faktor fisik yang menjadi parameter kualitas air dalam budidaya ikan air konsumsi di antaranya suhu, pH, DO, nitrat, nitrit dan amonia.

Baca juga: Mengenal Kualitas Air dalam Budidaya Ikan

Memahami karakteristik ikan

Seorang pembudidaya harus dapat memahami karakteristik ikan yang dibudidayakan, sebab setiap jenis ikan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Karakteristik setiap jenis ikan akan menentukan cara pemeliharaan yang paling sesuai dengan jenis ikan tersebut.

Adapun karakteristik yang perlu dipahami di antaranya:

  • Pakan
  • Kolam
  • Cara perawatan.

Baca juga: Jenis-jenis Warna Air Pada Kolam Budidaya Ikan

Pakan

Setiap jenis ikan memiliki kebiasaan makan yang berbeda-beda, dengan jenis pakan yang berbeda pula. Perbedaan pakan pada ikan dapat dipengaruhi oleh habitat, kebiasaan makan.

Karakteristik pakan ikan akan menentukan manajemen pakan yang diterapkan oleh pembudiday.

Kebiasaan makan ikan adalah jenis, kuantitas, dan kualitas makanan yang dimakan ikan. Pakan yang memiliki nilai nutrisi yang baik akan menunjang produktivitas ikan. 

Kebiasaan makanan ikan dapat diketahui melalui analisis makanan yang terdapat di dalam saluran pencernaan dan membandingkan dengan makanan yang terdapat di perairan.

Baca juga: Kapan Ikan Harus diberi Makan?

Kolam

Ikan memiliki habitat yang berbeda, baik ikan air tawar, air payau, bahkan air laut. Maka, ketika ikan dibudidayakan, wadah budidaya yang digunakan harus sesuai dengan habitatnya.

Wadah atau media merupakan sarana yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan budidaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta kondisi yang menyerupai lingkungan asli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com