Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Ikan yang Tidak Memiliki Sisik

Kompas.com - 28/11/2023, 19:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sisik adalah jaringan penutup yang berada di bagian terluar pada tubuh ikan. Namun, tidak semua ikan memiliki sisik, ada beberapa ikan yang memiliki sisik tipis atau bahkan tidak memiliki sisik.

Lima jenis ikan yang tidak memiliki sisik adalah ikan lele, belut, ikan selais, ikan buntal, dan ikan lamprey.

Ikan lele

Ilustrasi Ikan Lele Tidak Bersisik Namun Tubuhnya BerlendirKompas.com/Rahma Atillah Ilustrasi Ikan Lele Tidak Bersisik Namun Tubuhnya Berlendir

Ikan lele memiliki tubuh yang berwarna abu-abu kehitaman, kulit licin, bentuk agak pipih memanjang, serta memiliki kumis yang panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulut.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tidak bersisik. Karena tidak memiliki sisik, ikan lele cenderung memproduksi lebih banyak lendir sebagai bentuk perlindungan dirinya. 

Lendir pada ikan lele berfungsi untuk melindungi diri dari bakteri dan infeksi serta membantu pergerakan lele, baik di air maupun di lumpur.

Baca juga: Mengapa Ikan Lele Disebut Ikan yang Adaptif?

Belut

Ilustrasi Belut, Jenis Ikan Air Tawar yang Tidak BersisikKompas.com/Rahma Atillah Ilustrasi Belut, Jenis Ikan Air Tawar yang Tidak Bersisik

Belut termasuk jenis ikan air tawar yang tidak memiliki sisik. Belut memiliki bentuk badan yang bulat memanjang, tidak bersirip dan berlendir banyak, sehingga sulit di tangkap.

Belut mampu hidup di lumpur dan di air keruh. Di mana kemampuan ini didapat karena belut memiliki alat pernapasan tambahan berupa kulit tipis berlendir yang terdapat di rongga mulutnya.

Lendir pada belut berfungsi sebagai bentuk perlindungan tubuhnya, memudahkan belut untuk bergerak, juga melindungi dirinya dari predator dan mikroba.

Baca juga: Alat Pernapasan Tambahan Pada Ikan

Ikan selais

Ilustrasi Ikan SelaisKompas.com/Rahma Atillah Ilustrasi Ikan Selais

Ikan selais merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan prospektif untuk dikembangkan.

Ciri ikan selais adalah bentuk tubuhnya pipih memanjang dan hampir mendatar, sirip punggung sangat pendek, mulut tidak dapat disembulkan, tidak bersisik, dan tubuhnya licin.

Umumnya, kulit luar pada ikan selais berlendir. Fungsinya, untuk memudahkan pergerakan ikan di dalam air dan melindungi ikan dari serangan patogen penyebab penyakit.

Baca juga: Mengenal Gelembung Renang pada Ikan

Ikan buntal

Ilustrasi Ikan BuntalKompas.com/Rahma Atillah Ilustrasi Ikan Buntal

Ikan buntal adalah spesies ikan yang umumnya hidup di laut dan memiliki kemampuan, perilaku dan anatomi yang unik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com