Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Pernapasan Tambahan Pada Ikan

Kompas.com - 16/11/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Respirasi adalah proses pertukaran antara oksigen dan karbondioksida pada suatu organisme dengan lingkungannya.

Respirasi terjadi pada seluruh makhluk hidup, termasuk biota akuatik yaitu ikan. Ikan bernapas menggunakan insang. Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap.

Namun, ternyata insang bukanlah satu-satunya alat pernapasan pada ikan. Beberapa jenis ikan memiliki alat pernapasan tambahan yang membantu ikan hidup di lingkungan yang kurang oksigen.

Baca juga: Proses Penapasan Menggunakan Insang pada Ikan

Adapun alat pernapasan tambahan pada ikan di antaranya:

Gelembung renang

Gelembung renang adalah kantong yang berisi udara atau oksigen dan berada pada rongga tubuh ikan. Gelembung renang berspongi dan kaya akan kapiler darah.

Gelembung renang berfungsi untuk menjaga posisi ikan agar dapat mengapung saat berada dalam air sehingga ikan tidak perlu terus menerus berenang.

Ikan yang menggunakan gelembung renang sebagai alat pernapasan tambahan adalah ikan Arapaima gigas.

Baca juga: Apakah Ikan Arapaima Berbahaya?

Labirin

Labirin adalah perluasan insang pada bagian atas yang berbentuk lipatan dan membentuk rongga yang tidak beraturan. Labirin merupakan salah satu alat bantu pernapasan pada ikan, namun tidak semua ikan memiliki labirin.

Labirin berupa lipatan-lipatan lembaran tulang tipis yang berasal dari tulang-tulang tipis insang yang termodifikasi dan mengandung banyak kapiler darah.

Labirin berfungsi untuk menyimpan cadangan oksigen yang nantinya bisa digunakan pada saat ikan berada pada daerah atau lingkungan dengan kadar oksigen rendah.

Dengan labirin, ikan mampu mengambil oksigen langsung dari atmosfer, sehingga labirin pada ikan berfungsi seperti paru-paru pada manusia

Ikan yang memiliki labirin sebagai alat bantu pernapasannya adalah ikan gabus, ikan tambakan, dan ikan betok.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Organ Pernapasan Ikan

Paru-paru

Paru-paru pada ikan terletak di bagian dorsal rongga coelomic dan memiliki peran yang lebih besar dalam mengatur daya apung daripada untuk respirasi.

Ikan dengan alat bantu pernapasan paru-paru akan menghirup udara secara kontinyu (terus menerus) pada frekuensi rendah.

Untuk menghirup udara, ikan dapat naik ke permukaan, menghembuskan napas melalui mulut, menarik napas, dan menyelam, atau naik ke permukaan, bernapas, dan kembali ke air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com