Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gelembung Renang pada Ikan

Kompas.com - 25/11/2023, 06:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan adalah segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan.

Ikan memiliki pembagian tubuh yang jelas antara kepala, badan, dan ekor, yang pada setiap bagian-bagiannya terdapat organ-organ penting.

Struktur anatomi ikan sangat berperan penting dalam tubuh ikan. Salah satu jenis organ tubuh yang dimiliki oleh ikan adalah gelembung renang.

Baca juga: Ikan Konsumsi: Pengertian dan Contohnya

Apa itu gelembung renang?

Gelembung renang adalah organ berbentuk kantung berisi udara yang berfungsi sebagai pengatur tubuh ikan saat mengapung di dalam air sehingga mampu menghemat energi untuk berenang.

Organ ini hampir ditemui pada semua jenis ikan, yang umumnya berupa kantong selaput berisi campuran gas dengan tekanan yang berubah-ubah.

Gelembung renang juga disebut sebagai gelembung gas atau gelembung udara, di mana gas yang terdapat pada gelembung renang adalah oksigen. Udara atau gas oksigen yang berada pada gelembung renang berasal dari pelebaran saluran cerna.

Gelembung renang terletak pada bagian dorsal, dan memiliki dinding yang fleksibel yang berkontraksi dan berkembang berdasarkan tekanan ambien.

Baca juga: Adaptasi Osmoregulasi Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar Terhadap Garam

Fungsi gelembung renang

Gelembung renang merupakan organ penting yang dimiliki oleh sebagian besar jenis ikan, tetapi tidak semua jenis ikan memiliki gelembung renang.

Umumnya, gelembung renang  hanya terdapat pada ikan teleostei. Lantas, apa fungsi gelembung renang pada ikan?

Adapun fungsi gelembung renang pada ikan di antaranya:

  • Menjaga keseimbangan tubuh ikan

Gelembung renang disebut juga pnematosis, yang berfungsi sebagai pengatur daya apung ikan di dalam air. Maka dari itu, organ ini dinamakan alat hidrostatik.

Gelembung renang akan mengatur keseimbangan saat ikan mengapung di air sehingga ikan tersebut tidak perlu berenang terus menerus dalam mempertahankan posisinya.

Ketika ikan bergerak menuju perairan yang dalam, gelembung renang akan mengecil sebagai kompensasi untuk menyesuaikan tekanan yang ditimbulkan oleh perairan tersebut.

Baca juga: Penggolongan Ikan berdasarkan Ekologinya

  • Alat pernapasan tambahan bagi beberapa jenis ikan

Ikan yang menggunakan gelembung renang sebagai alat bantu pernapasannya adalah ikan osteichthyes. Pada ikan jenis ini gelembung renang berfungsi sebagai tempat menyimpan oksigen dan mengatur gerak.

Gelembung renang dapat membantu pernapasan pada ikan sehingga disebut pulmocyst, khususnya pada ikan yang hidup di air yang sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com