Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hierarki Pengendalian Bahaya

Kompas.com - 27/10/2023, 04:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selama identifikasi bahaya k3, suatu organisasi perlu mengidentifikasi apakah sudah terdapat kontrol dalam organisasi dan apakah kontrol tersebut telah memadai untuk identifikasi bahaya.

Saat mendefinisikan kontrol atau membuat perubahan yang sudah ada, organisasi harus memperhitungkan hierarki kontrol atau pengendalian bahaya.

Pengertian hierarki pengendalian bahaya

Pada dasarnya, hierarki pengendalian bahaya adalah prioritas dalam pemilihan dan pelaksanaan pengendalian yang berhubungan dengan bahaya kerja.

Hierarki kontrol atau pengendalian bahaya adalah sebuah alat yang umum digunakan untuk mengembangkan tindakan pengendalian bahaya yang berhubungan dengan pekerjaan.

Setiap bahaya yang sudah diidentifikasi tentunya memerlukan pengendalian. Pengendalian tersebut menjelaskan bagaimana cara seseorang untuk menghilangkan bahaya di area kerja atau mengurangi risiko cedera secara signifikan.

Pemilihan hierarki pengendalian memberikan manfaat secara efektivitas dan efisien, sehingga risiko menurun menjadi risiko yang bisa diterima (acceptable risk) bagi suatu organisasi.

Secara efektivitas, hierarki yang pertama memberikan efektivitas yang lebih tinggi dibanding hierarki yang kedua.

Baca juga: Indentifikasi Bahaya dalam K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Lima hierarki pengendalian bahaya

Hierarki pengendalian bahaya, sebagai berikut:

Eliminasi

Hierarki pengendalian bahaya paling atas adalah eliminasi atau menghilangkan bahaya yang dilakukan pada saat desain.

Eliminasi dapat dimaknai menghilangkan atau meminimalkan bahaya.

Eliminasi juga dapat diartikan memodifikasi desain untuk menghilangkan bahaya. Contoh eliminasi adalah memperkenalkan perangkat mengangkat mekanik untuk menghilangkan penanganan bahaya manual.

Tujuan eliminasi adalah untuk menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia dalam menjalankan suatu sistem karena terdapat kekurangan pada desain.

Penghilangan bahaya merupakan metode yang paling efektif sehingga tidak hanya mengandalkan perilaku pekerja dalam menghindari risiko. Meskipun begitu, penghapusan terhadap bahaya tidak selalu praktis dan ekonomis.

Secara luas, eliminasi bahaya dianggap sebagai solusi jangka panjang yang paling efektif untuk memperbaiki keselamatan kerja di perusahaan.

Namun, eliminasi termasuk upaya pengendalian bahaya yang sulit diterapkan dalam jangka pendek dan menghabiskan banyak biaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com