Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bentuk Pengembangan Wilayah di Negara Maju

Kompas.com - 22/10/2023, 11:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Ciri utama negara maju dapat dilihat dari indikator standar hidup masyarakatnya. Umumnya, negara maju berpenduduk padat di kota inti dan didukung kawasan memanjang dengan sektor agraris sebagai sektor perekonomian utamanya.

Perkembangan kota pada negara maju biasanya erat dengan adanya keteraturan dalam mengordinir pertumbuhan dan perkembangan wilayah.

Terdapat lima macam bentuk kota dalam pengembangan wilayah di negara maju, bentuk-bentuk tersebut antara lain:

Baca juga: Perencanaan Pengembangan Wilayah dan Sifatnya

Metropolis menyebar

Pola metropolis menyebar terbentuk dengan mengembangkan pertumbuhan pada bagian kota yang paling jarang penduduknya agar kota metropolitan tersebut akan cepat menyebar.

Dengan begitu maka aktivitas kegiatan sosial ekonomi pun akan menyebar, sehingga kepadatan penduduk kawasan metropolis menyebar relatif rendah.

Prasarana sosial ekonomi dari pusat kota yang lama akan disebar, sehingga produksi pertanian dan bahan makanan, kantor, pabrik, museum, perguruan tinggi, rumah sakit, dapat tersebar dimana-mana.

Selain itu, kepadatan penduduk yang rendah dan kegiatan soial ekonomi yang menyebar tentu memerlukan kendaraan pribadi sebagai transportasi serta memerlukan komunikasi sebagai jembatan antar moda.

Baca juga: 3 Teori Pusat Pertumbuhan Wilayah

Metropolis galaktika

Metropolis galaktika terjadi dari permukiman kota yang kecil, berpenduduk padat, kemudian dipisahkan sejauh beberapa kilometer oleh kawasan pertanian dengan kepadatan penduduknya yang rendah.

Kegiatan sosial ekonomi pada kota metropolis galaktika terbagi menjadi berbagai unit kecil. Sarana dan prasarana dengan arus lalu lintas menyebar, tetapi kemudian akan memusat menuju permukiman atau menuju pusat kelompok permukiman kota.

Baca juga: Proses Terbentuknya Wilayah Fungsional

Metropolis terpusat

Karakteristik metropolis terpusat yaitu kepadatan penduduknya yang tinggi, terutama di pusatnya, di mana mayoritas penduduknya tinggal di apartemen, rumah susun, dan sebagainya.

Kegiatan sosial ekonomi pada kota metropolis terpusat sangat tinggi, namun biaya hidup mungkin dapat lebih rendah karena adanya pelayanan dan transportasi yang mudah dan efisien.

Bentuk metropolis terpusat dapat memberi dukungan yang kuat bagi masyarakat secara keseluruhan, tetapi terdapat suatu tingkatan tertentu di mana kepadatan penduduk yang sangat tinggi akan menyulitkan komunikasi antar penduduk.

Dengan banyaknya penduduk, maka pada kota metropolis terpusat sediaan transportasi umum lebih diutamakan dibandingkan dengan transportasi pribadi.

Baca juga: Mengenal Teori Tempat Sentral Menurut Christaller

Metropolis bintang

Metropolis bintang terbentuk karena mempunyai inti yang utama, dengan pola kepadatan penduduk membentuk bintang memanjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com