Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 07/10/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang terbentuk karena kesamaan latar belakang.

Individu yang tergabung dalam kelompok sosial itu akan saling berinteraksi, dan berusaha mencapai apa yang menjadi tujuan mereka.

Apa itu kelompok sosial?

Pengertian kelompok sosial

Dilansir dari buku Ilmu Sosial (2023) oleh Nanny Mayasari dkk, kelompok sosial adalah himpunan manusia yang hidup bersama dan saling memengaruhi satu sama lain.

Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang hidup bersama atas dasar kesamaan hubungan atau interaksi.

Dikutip dari buku Sosiologi untuk Mahasiswa Fakultas Hukum (2020) karya Henny Wiludjeng dkk, berikut pengertian kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto:

"Kelompok sosial adalah himpunan manusia yang hidup bersama, karena ada hubungan timbal balik di antara individu yang sifatnya saling memengaruhi."

Baca juga: Definisi Kelompok Sosial dan Contohnya

Sementara itu, menurut Robert K. Merton, pengertian kelompok sosial adalah kumpulan orang yang berinteraksi dengan pola yang sudah mapan.

Pengertian kelompok sosial lainnya, datang dari Hendropuspito. Ia beranggapan bahwa kelompok sosial adalah kumpulan yang nyata, teratur, dan tetap.

Kumpulan itu terbentuk dari beberapa individu yang melaksanakan perannya masing-masing, demi mencapai tujuan bersama.

Jadi, pengertian kelompok sosial adalah himpunan manusia yang hidup bersamaa, di mana mereka saling memengaruhi dan menjalankan perannya masing-masing.

Ciri-ciri kelompok sosial

Menurut Tim MGMP Pati dalam buku Ilmu Kesehatan Masyarakat (2019), berikut ciri-ciri kelompok sosial:

  • Ada dorongan untuk hidup berkelompok

Ciri kelompok sosial yang pertama adalah individu merasa adanya dorongan atau hasrat untuk hidup berkelompok dengan individu lainnya.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kelompok Sosial?

  • Ada struktur kelompok yang jelas

Kelompok sosial biasanya ditandai dengan adanya struktur yang jelas. Struktur ini, berupa pengaturan peran dan kedudukan tiap individu dalam kelompok.

  • Ada norma kelompok

Norma adalah peraturan yang telah disetujui anggota kelompok. Bagi yang melanggar norma ini, mereka akan dikenai sanksi, baik lisan maupun non-lisan.

  • Ada reaksi dan kecakapan yang berbeda dari tiap individu

Ciri kelompok sosial lainnya, yakni muncul perbedaan reaksi dan kecakapan di antara anggota kelompok. Hal ini bersifat alamiah dan wajar.

Selain itu, ciri-ciri kelompok sosial lainnya, yaitu muncul hubungan timbal balik di antara individu, dan mereka sadar untuk terlibat dalam kelompok.

Baca juga: 10 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com