Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Kompas.com - 18/07/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain.

Contoh kelompok sosial adalah anggota keluarga, lembaga kemasyarakatan, organisasi pendidikan, kelompok pemeluk agama, dan lembaga negara.

Agar lebih mengetahuinya, berikut beberapa pengertian kelompok sosial menurut para ahli:

Soerjono Soekanto

Dalam bukunya yang berjudul Sosiologi Suatu Pengantar (2013), Soerjono Soekanto mengartikan kelompok sosial sebagai himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan di antara mereka.

Hubungan itu bersifat timbal balik yang saling memengaruhi dan menimbulkan kesadaran untuk saling menolong.

Hendro Puspito

"Kelompok sosial adalah suatu kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari sejumlah individu yang melaksanakan perannya secara berkaitan, guna mencapai tujuan bersama." 

Baca juga: Jenis Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim

Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Pengertian kelompok sosial menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt adalah kumpulan manusia yang sadar akan keanggotaannya serta saling berinteraksi.

Park and Burgess

Dikutip dari buku Antropologi Kesehatan dalam Keperawatan (2021) oleh Puji Hastuti dkk, Park and Burgess mendefinisikan kelompok sosial sebagai kumpulan orang yang memiliki kegiatan konsisten.

Mayor Polak

"Kelompok sosial adalah sejumlah orang yang memiliki hubungan satu sama lain sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama."

Robert Bierstedt

Dilansir dari buku Antropologi dan Sosiologi Pendidikan (2021) karangan Erdinson Simbolon dkk, pengertian kelompok sosial menurut Robert Bierstedt adalah kumpulan orang yang sadar untuk berhubungan satu sama lain, tetapi tidak terikat dalam organisasi.

Wila Huky

Menurut Wila Huky, kelompok sosial adalah sebuah unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang saling berinteraksi atau berkomunikasi.

Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren

Kedua ahli ini mengartikan kelompok sosial sebagai kelompok yang terdiri atas dua atau lebih manusia, di mana mereka punya pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggota atau orang lain secara keseluruhan.

Baca juga: Syarat Terbentuknya Kelompok Sosial

Robert K. Merton

"Kelompok sosial adalah kelompok orang yang saling berinteraksi sesuai pola yang telah mapan."

George Homans

Menurut George Homans, kelompok sosial adalah kumpulan individu yang berkegiatan, berinteraksi, dan memiliki perasaan untuk membuat suatu hal secara keseluruhan yang terorganisasi serta berhubungan timbal balik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com