Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infografis: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Membuat dan Contohnya

Kompas.com - 04/10/2023, 01:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada era digital sekarang ini, informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber dengan sangat mudah dan cepat.

Untuk dapat memahami begitu banyak dan cepatnya informasi yang ada, pembaca memerlukan suatu sajian yang kompleks agar informasi dapat dicerna dengan baik.

Informasi dapat disajikan dalam bentuk teks, gambar, maupun grafik. Salah satu pendekatan dalam menyajikan informasi dalam bentuk visual dan grafis adalah Infografis.

Berikut penjelasan mengenai infografis, jenis, manfaat, cara membuat beserta dengan contohnya.

Baca juga: Desain Grafis: Pengertian, Unsur, dan Peralatan

Pengertian infografis

Infografis berasal dari kata Infographics dalam bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information dan Graphics yang berarti bentuk visualisasi data dalam menyampaikan informasi kepada pembaca.

Infografis adalah visualisasi data, gagasan, informasi atau pengetahuan melalui bagan, grafis, jadwal dan lainnya agar data, gagasan, informasi, atau pengetahuan tersebut dapat disajikan lebih kompleks agar dapat dipahami dengan mudah dan cepat oleh pembaca.

Infografis mencakup presentasi visual yang dapat menjelaskan rangkaian cerita atau proses dari serangkaian data dengan menggunakan berbagai elemen seperti gambar, ilustrasi, tipografi, peta dan visualisasi.

Penggunaan infografis dapat diaplikasikan dalam bidang ekonomi, pendidikan, ilmu pengetahuan, bahkan media massa.

Baca juga: 8 Jenis Desain Grafis dalam Seni Rupa

Jenis-jenis infografis

Secara garis besar, infografis diklasifikasikan berdasarkan fungsinya masing-masing. Adapun jenis-jenis infografis antara lain:

Infografis statistik 

Sebagaimana namanya, infografis statistik menyajikan data statistik seperti hasil survei, angka statistik, data dari berbagai sumber, atau membuat cadangan argumen.

Perangkat ilustrasi pada infografis jenis ini mencakup diagram, ikon, gambar, dan teks yang menarik.

Infografis timeline

Infografis timeline adalah infografis garis waktu untuk memvisualisasikan sejarah atau waktu, atau menandai tanggal-tanggal penting, untuk memberikan gambaran suatu peritiwa secara kronologis.

Infografis jenis timeline ini dapat ditunjukan dalam bentuk tabel, paragraf tahun demi tahun, dan sebagainya.

Infografis proses 

Infografis proses merupakan infografis untuk memberikan ringkasan langkah-langkah dalam suatu proses, sehingga dapat mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca.

Infografis proses dapat digunakan untuk menjelaskan tentang proses dalam membuat suatu hal, sehingga pembaca memahami suatu proses yang dipaparkan terbatas secara praktis.

Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Grafis Berbasis Bitmap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com