Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Desain Grafis dalam Seni Rupa

Kompas.com - 14/02/2023, 16:35 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Grafis adalah karya seni rupa dua dimensi yang diciptakan melalui teknik cetak. Misalnya, cetak tinggi, cetak datar, cetak sablon, dan cetak dalam.

Secara etimologi grafis berasal dari bahasa Yunani, graphein yang artinya menulis atau menggambar, dalam bahasa Inggris grafis berasal dari kata graph atau graphic yang berarti membuat tulisan atau gambar dengan cara digores atau ditoreh.

Baca juga: Desain Grafis: Pengertian dan Jenisnya

Disadur dari situs resmi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, ada delapan jenis desain grafis yang dikenal saat ini, yaitu:

  • Identitas visual (visual identity)

Identitas Visual adalah suatu system komunikasi visual yang membentuk dan dapat mengkomunikasikan identitas sebuah merk, perusahaan, lembaga, produk barang dan produk jasa.

Identitas visual umumnya digunakan untuk memberikan perbedaan antara sebuah produk barang atau dengan produk barangatau jasa lainnya. Contohnya sepatu Adidas dan Nike.

  • Periklanan dan pemasaran

Agar dikenal oleh masyarakat luas, sebuah perusahaan wajib berupaya keras dalam periklanan dan pemasaran. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengenal produk yang ditawarkan sehingga tertarik untuk membelinya.

Desain yang menarik, ide unik akan sanggup menarik minat masyarakat. Dan tidak lupa materi desain promosi dibedakan berdasar jenis kelamin, usia, dan demografi.

Contoh desain pemasaran: brosur, poster, banner, koran, spanduk cetak, banner, social media (instagram, facebook dan lain-lain), katalog, dan company profile.

Baca juga: Perbedaan Grafis Bitmap dan Vektor dalam Desain Grafis

  • Desain antarmuka (user interface)

Desain antarmuka yakni tentang bagaimana pengguna berinteraksi pada perangkat seluler, desktop atau aplikasi. Desain antarmuka mencakup semua hal yang berkaitan dengan intraksi pengguna layar, keyboard, dan mouse. 

Khusus pada desain grafis, desain antar muka terfokus dengan pengalaman visual pengguna dan elemen desain grafis pada layar seperti: tombol, menu navigasi, tata letak, formulir kontak, pemesanan, beli, register, desain aplikasi, serta tema website (wordpres dan lain-lain)

  • Desain publikasi

Dilansir dari Buku Pintar Belajar Desain Grafis (2021) oleh Adora Prana Rini, desain publikasi mengacu pada industri desain grafis pada media cetak, seperti: koran, majalah, katalog dan lain-lain bisa juga dalam bentuk digital misalnya Pdf.

Desainer grafis yang berkiprah di desain publikasi akan bekerjasama dengan editor dan penerbit dalam menciptakan tata letak desain, ilustrasi, pemilihan font, warna.

Contoh desain publikasi adalah koran, majalah, buku, katalog dan lain-lain.

Baca juga: Macam-macam Software Desain Grafis

  • Desain kemasan (packaging)

Desain kemasan merupakan salah satu cara untuk mempresentasikan sebuah produk. Untuk kegiatan ini desainer akan menciptakan konsep, digitalisasi desain konsep hingga membuat file desain menjadi siap cetak.

  • Motion grafis (motion graphic)

Motion grafis adalah desain grafis yang menggabungkan antara tipografi, ilustrasi, videografi, animasi dan fotografi dengan penggunaan perangkat lunak seperti Adobe After Effects atau sejenisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com